Pengembangan Media Cover Song Sebagai Media Pembelajaran Daur Ulang Limbah Di Era 5.0 Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MA/SMA

Muyassaroh, Eva (2024) Pengembangan Media Cover Song Sebagai Media Pembelajaran Daur Ulang Limbah Di Era 5.0 Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MA/SMA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (715kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (653kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (501kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (617kB)

Abstract

Pengembangan merupakan sebuah inovasi ataupun suatu pembaruan dari hal yang dirasa kurang maksimal atau kurang baik menuju hal yang lebih baik lagi dan lebih maksimal lagi. Pengembangan diera sekarang khususnya pada era 5.0 mengedepankan atau memanfaatkan yang namanya teknologi. Pengembangan teknologi masuk ke dalam beberapa hal. Salah satunya masuk ke dalam dunia pendidikan. Pengembangan teknologi dalam dunia pendidikan dapat dilakukan dengan memperbarui media pembelajaran. Berdasarkan need assessment (analisis kebutuhan) pendidik dan peserta didik membutuhkan inovasi baru terkait media pembelajaran yang bervariatif di era digitalisasi yang semakin maju. Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu media cover song. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan kepraktisan produk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D/Pengembangan dengan model PPE versi Richey dan Klein. Terdapat 3 tahapan yaitu Planning (Perancangan), Production (memproduksi) dan Evaluation (evaluasi). Pada tahap memproduksi produk didesain menggunakan aplikasi bandlab dan canva yang menghasilkan soft file berupa mp3 dan mp4 pada materi pencemaran lingkungan subtema daur ulang limbah. Tahap evaluasi yaitu tahap uji kevalidan produk, media dan instrumen divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, pada tahap uji kepraktisan produk dinilai oleh pendidik biologi dan peserta didik kelas XE MA Ma’ahid Kudus yang berjumlah 32 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi dari ahli media, ahli materi juga uji coba kepraktisan pada pendidik dan peserta didik. Produk tersebut memenuhi kriteria valid dan praktis dengan perolehan penilaian dari validator ahli materi sebesar 98% dengan kategori “Sangat Valid” dan validator ahli media sebesar 90% dengan kategori “Sangat Valid”. Kemudian kepraktisan oleh pendidik biologi dan peserta didik memperoleh skor persentase masing – masing 87% dan 84% dengan kategori “Sangat Layak”. Dari keseluruhan validasi dan uji coba kelayakan, media cover song pada materi daur ulang limbah memenuhi kategori valid dan layak sehingga produk dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah. Supaya peserta didik dan pendidik dapat lebih inovatif terhadap penanggulangan limbah-limbah yang ada dengan mengidentifikasi hasil tayangan media cover song

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, IhsanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Cover Song, Daur Ulang Limbah, Pembelajaran biologi
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:53
Last Modified: 15 Jul 2025 03:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14623

Actions (login required)

View Item View Item