Huda, Saiful Ulil (2024) Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 02 Pakis Aji Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (844kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (769kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan terhadap kemajemukan agama di SMPN 02 Pakis Aji Jepara yang menerapkan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti pada siswa di lingkungan kelas dan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 02 Pakis Aji, untuk mengetahui nilai-nilai apa saja yang ditanamkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 02 Pakis Aji, dan untuk mengetahui dampak terhadap sikap moderasi beragama siswa di SMPN 02 Pakis Aji. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, strategi penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 02 Pakis Aji Jepara di lakukan melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, PHBI, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembiasaan dalam lingkungan sekolah. Kedua, nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 02 Pakis Aji Jepara adalah komitmen kebangsaan, toleransi, anti radikalisme dan kekerasan, dan akomodatif terhadap kebudayaan lokal. Ketiga, dampak sikap moderasi beragama siswa di SMPN 02 Pakis Aji adalah rasa menghormati dengan sesama, menjaga perkataan, menanamkan nilai-nilai kerja sama, menanamkan sikap agama agar tidak fanatik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:52 | ||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:52 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |