Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak Pada Mata Pelajaran Fiqih

Fuad, Achmad Zakiyul (2024) Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak Pada Mata Pelajaran Fiqih. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (421kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (532kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kemandirian belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak pada mata pelajaran Fiqih. 2) Untuk mengetahui basil belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak pada mata pelajaran Fiqib. 3) Untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan basil belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak pada mata pelajaran Fiqih. 4) Untuk kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak pada mata pelajaran Fiqih Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh melalui penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan sasaran penelitiannya siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian uu melibatkan keseluruhan siswa Kelas IV MI Riyadlotussubban Bonang Demak sebagai sample yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan uji validitas dari reliabilitas instrumen, deskriptif statistik, uji asumsi klasik dan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kemandirian belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak adalah sangat baik berdasarkan nilai rata-rata sebesar 75,5 yang masuk dalam kategori 74-96 yaitu sangat baik. 2) Hasil belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak adalah sangat baik berdasarkan nilai rata-rata sebesar 70,8 yang masuk dalam kategori 51-75 yaitu baik. 3) Terdapat hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang demak pada mata pelajaran Fiqih. Berdasarkan nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (3,080 > 2,04227). Didukung dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0.05 yaitu menunjukkan nilai sebesar 0,029. 4) Berdasarkan nilai r = 0,600, hal ini mengindikasikan bahwa kemandirian belajar, memiliki hubungan terhadap hasil belajar belajar (Y). Adapun hubungan yang terjadi adalah positif kuat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDShobirin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:27
Last Modified: 24 Jul 2025 07:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14648

Actions (login required)

View Item View Item