Fuad, Achmad Zakiyul (2024) Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak Pada Mata Pelajaran Fiqih. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kemandirian belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak pada mata pelajaran Fiqih. 2) Untuk mengetahui basil belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak pada mata pelajaran Fiqib. 3) Untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan basil belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak pada mata pelajaran Fiqih. 4) Untuk kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak pada mata pelajaran Fiqih Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh melalui penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan sasaran penelitiannya siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian uu melibatkan keseluruhan siswa Kelas IV MI Riyadlotussubban Bonang Demak sebagai sample yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan uji validitas dari reliabilitas instrumen, deskriptif statistik, uji asumsi klasik dan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kemandirian belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak adalah sangat baik berdasarkan nilai rata-rata sebesar 75,5 yang masuk dalam kategori 74-96 yaitu sangat baik. 2) Hasil belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang Demak adalah sangat baik berdasarkan nilai rata-rata sebesar 70,8 yang masuk dalam kategori 51-75 yaitu baik. 3) Terdapat hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa MI Riyadlotussubban Bonang demak pada mata pelajaran Fiqih. Berdasarkan nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (3,080 > 2,04227). Didukung dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0.05 yaitu menunjukkan nilai sebesar 0,029. 4) Berdasarkan nilai r = 0,600, hal ini mengindikasikan bahwa kemandirian belajar, memiliki hubungan terhadap hasil belajar belajar (Y). Adapun hubungan yang terjadi adalah positif kuat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:27 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2025 07:27 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |