Kori’ah, Via (2024) Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Dalam Pendidikan Paket C Bagi Peserta Didik Prasejahtera di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) La Tansa Desa Cangkring Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
Abstract
Pusat kegiatan belajar masyarakat termasuk pendidikan non formal sebagai bentuk fasilitas pendidikan untuk masyarakat yang tidak dapat mengenyam pendidikan formal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pusat kegiatan belajar masyarakat untuk peserta didik prasejahtera pada pendidikan paket C di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) La Tansa Desa Cangkring Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Pertanyaan yang dijawab pada penelitian ini diantaranya peran PKBM dalam pendidikan paket C bagi peserta didik prasejahtera, faktor pendukung dan penghambat pendidikan paket C bagi peserta didik prasejahtera. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif yang kemudian dituangkan menjadi tulisan dalam bentuk naratif. Dengan tahapan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka hasil penelitian ini adalah peran pusat kegiatan belajar masyarakat sangat berpengaruh penting bagi kehidupan masyarakat salah satunya peserta didik prasejahtera, terbantu dengan keberadaan PKBM. Karena berperan dalam memfasilitasi pendidikan melalui pendidikan kesetaraan paket C dalam mendapatkan pendidikan yang terkendala ekonomi, sehingga tidak dapat melanjutkan pendidikan formalnya. Sebab di PKBM La Tansa biaya pendidikannya meringankan peserta didik prasejahtera karena pembayarannya boleh dibayar ketika sudah lulus dan terdapat bantuan dari pemerintah melalui program indonesia pintar namun tidak semua mendapatkannya. Adapun faktor pendukung peserta didik prasejahtera pada pendidikan paket C yaitu biaya terjangkau, ijazah, dan keluarga serta waktu sehingga peserta didik prasejahtera mengikuti pendidikan kesetaraan paket C. Sedangkan penghambatnya dari internal yakni motivasi dan minat peserta didik prasejahtera, pekerjaan, ekonomi keluarga dan eksternalnya dari sarana prasarana PKBM La Tansa yang memerlukan perbaikan dan perawatan sehingga sarana dan prasarana tetap terjaga dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Pendidikan Paket C, Peserta Didik Prasejahtera | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah Ilmu-Ilmu Sosial > Pemberdayaan Masyarakat |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:38 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:38 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |