Aliyah, Aizzatul (2024) Penerapan Layanan Media Cyber Counseling Melalui Video Youtube Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK Islam Manba’ul Ulum Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (943kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (615kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan, 1.) Untuk mengetahui rancangan cyber counseling yang menarik menggunakan media youtube, 2.) mengetahui proses cyber counseling dalam mengatasi belajar siswa pada saat pembelajaran, 3.) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam upaya pengembangan mmedia cyber counseling melalui vidio youtube dalam meningkatkan motivasi belajar di SMK Islam Manba’ul Ulum Mayong Jepara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif yang berfokus pada pengalaman dan persepsi peserta didik menggenai penggunaan media cyber counseling ini. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, terhadap instansi Pendidikan yang terkait yaitu SMK Islam Manba’ul Ulum Mayong Jepara. Peneliti ini menunjukkan bahwa 1.) media cyber counseling yang digunakan untuk mengetahui rancangan yang menarik kepada peserta didik di SMK Islam Manba’ul Ulum, dan menyampaikan pesa-pesan yang inspiratif melalui vidio youtube seperti merancang konten-konten yang menarik, menampilkan vidio yang sesuai dengan pembelajaran, pemilihan topik yang releven, umpan balik, 2.) dengan adanya proses cyber counseling dalam mengatasi pembelajaran siswa kelas XI SMK Islam Manba’ul Ulum Mayong Jeapara guru membantu pemberian dukungan kepada peserta didik seperti mengidenttifikasi masalah terlebih dahulu, Menyusun rancangan evaluasi dan revleksi, penyesuaian dna tindak lanjut, dan pemberian penguatan, 3.) penggunaan cyber counseling menggunakan vido youtube ini juga memiliki aspek pendukung dan aspek penghambat tentunya pada siswa kelas XI SMK Islam Manba’ul Ulum Mayong Jepara, aspek pendukung seperti vidio dapat dengan mudah diakses peserta didik kelas XI kapanpun dan dimanapun selagi memiliki askes internet yang bagus, penampilan vidio pada peserta didik yang menarik membuat peserta didik menjadi lebih semangat sehingga pembelajaran tidak menjadi monoton, aspek penghambatnya yaitu internet yang kurang bagus biasanya menghambat penampilan vidio saat pembelajaran sehingga vidio menjadi terputus-putus, akses internet yang bebas, peserta didik kurang memahami materi yang diberikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Cyber Counseling, Media Youtube, Motivasi Belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2025 03:21 | ||||||
Last Modified: | 28 Aug 2025 03:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |