Ulfa, Shofiana (2024) Pengembangan Media Poster Berwawasan Nilai Moderasi Beragama Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MA Al-Ishlah Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
04.BAB I.pdf Download (699kB) |
![]() |
Text
05.BAB II.pdf Download (837kB) |
![]() |
Text
06.BAB III.pdf Download (843kB) |
![]() |
Text
07.BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
08.BAB V.pdf Download (579kB) |
![]() |
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (535kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media poster berwawasan nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Untuk mengetahui kelayakan media poster sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Langkah 4D diantaranya: define (Pendefinisian), design (Perencanaan), develop (Pengembangan), dan disseminate (Penyebarluasan). Penelitian ini diuji cobakan di MA Al-Ishlah Pulokulon. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa dari kelas X MIPA yang telah mendapatkan materi Islam Washatiyah . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi ahli serta hasil uji coba media poster yang berwawasan nilai moderasi beragama pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Ishlah Pulokulon, Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media poster berwawasan nilai moderasi beragama pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Ishlah Pulokulon. Media poster dibuat menggunakan aplikasi canva dengan menggunakan kertas Art Paper A3 dengan ukuran 42 x 29,7 cm. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor 90% dengan kategori “Sangat Valid”. Pada ahli materi mendapatkan skor 79% dengan kategori “Valid”. Berdasarkan nilai hasil uji coba kepraktisan produk pada Guru yaitu 77% dengan kategori “Praktis”. Berdasarkan nilai hasil uji kepraktisan produk pada siswa yaitu 78% dengan kategori “Praktis”. Maka media poster layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Akidah Akhlak, media poster | ||||||
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2025 08:19 | ||||||
Last Modified: | 28 Aug 2025 08:19 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |