Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fiqih di Kelas VIII MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus

Munggis, Achmad (2024) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fiqih di Kelas VIII MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (675kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih di kelas VIII MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus? (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih di kelas VIII MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus? (3) Bagaimana dampak implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih di kelas VIII MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan menggunakan paradigma naturalistik. Lokasi penelitian di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih di kelas VIII. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih di MTs NU Ibtidaul Falah yakni peserta didik diajak mulai dari mencoba memahami materi dari Fiqih yang berkaitan dengan lingkungan seperti memahami materi menjaga kelestarian alam. Peserta didik dilatih pengetahuannya dengan mencoba memahami materi agar merespon dari apa yang dibaca dari materi terkait lingkungan. Respon tersebut dengan memberikan kesempatan melalui berdiskusi dengan teman-teman. Penerapan atau aplikasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fiqih tersebut agar siswa mampu menyikapi dan melakukan hal yang dapat menjaga atau memperbaiki lingkungan sekitar. (2) Faktor pendukung implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Fiqih di MTs NU Ibtidaul Falah yaitu guru fiqih lebih memahami dan menguasai tentang inovasi pembelajaran sehingga mempunyai kesiapan mental dan kecakapan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. yang cukup dalam menerapkan pelaksanaan pendekatan sainstifik dalam pembelajaran Fiqih, dan ketidak kurangnya perencanaan dalam penerapan pendekatan saitifik menjadikan proses pembelajaran terhambat. (3) Dampak pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran Fiqih di kelas VIII MTs NU Ibtidaul Falah dari segi positifnya yaitu pembelajaran yang aktif antara guru dan siswa, mampu mendorong siswa dalam memahami materi yang dipelajarari, siswa mampu mengaitkan materi dengan kehidupan di lingkungan. dapat berdiskusi secara berkelompok, dan mampu mencari solusi dari permasalahan, menambah dan keaktifan siswa. Adapun dampak negatifnya yaitu kurang minatnya siswa dalam menerima pembelajaran, waktu yang sedikit, dan kurang seriusnya siswa dalam mendiskusikan materi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMelisa, Atika OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, dan pembelajaran Fiqih
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2025 04:22
Last Modified: 01 Sep 2025 04:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14766

Actions (login required)

View Item View Item