Kurniawan, Moh Rif’an (2024) Problematika pemahaman Teks Bacaan Pada Mata pelajaran Bahasa Jawa Di kelas IV MI NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
04 BAB I.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
05 BAB II.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
06 BAB III.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
07 BAB IV.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
08 BAB V.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi peserta didik dalam memahami teks bacaan bahasa Jawa, mengetahui metode pembelajaran yang tepat digunakan dalam memahami teks bacaan bahasa Jawa yakni dengan mengkolaborasikan metode ceramah, metode demonstrasi, metode latihan soal, metode Tanya jawab, metode- metode tersebut dikolaborasikan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih holistik dan efektif, dengan menyesuaikan tema pembelajaran dan untuk mengetahui hasil pembelajaran peserta didik terhadap metode yang digunakan dalam memahami teks bacaan pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas IV MI Al falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data , peneliti menggunakan uji kreadibilitas melalui trianggulasi. Selanjutnya data di analisis dengan menggunakan konsep Miles and Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) mengetahui problem peserta didik dalam memahami teks bacaan bahasa Jawa dari segi menulis, mendengarkan, berbicara, apresiasi sastra dan membaca 2) dengan mengkolaborasikan beberapa metode seperti metode ceramah dan metode demontrasi , kemudian metode latihan soal dan metode Tanya jawab yang disesuaikan dengan tema pembelajaran yang sedang berlangsung sehingga peserta didik dapat memahami teks bacaan bahasa jawa dengan lebih baik. 3) dengan menggunakan kolaborasi metode ceramah dan demonstrasi serta metode latihan soal dan metode tanya jawab mampu menarik minat peserta didik karena merupakan hal baru untuk mereka dalam proses belajar mengajar dan mempermudah pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran bahasa jawa yang dirasa sulit. Saran peneliti untuk MI NU Al Falah untuk memberikan program baik pendidikan akademik maupun non akademik serta memberikan perhatian lebih untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai pemahaman teks bacaan bahasa Jawa karena minimnya peserta didik yang dapat memahami dengan baik teks bacaan bahasa Jawa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pemahaman teks bacaan bahasa Jawa | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Bahasa (Ketrampilan Berkomunikasi) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:14 | ||||||
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:14 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |