Halim, Nurul Amalia (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DAN KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
File 1.pdf Download (9MB) |
|
Text
File 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 5.pdf Download (4MB) |
|
Text
File 6.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 7.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 8.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 9.pdf Download (2MB) |
|
Text
File 10.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh metode pembelajaran diskusi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Kudus; 2) Pengaruh metode pembelajaran kerja kelompok dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Kudus; 3) Pengaruh metode pembelajaran diskusi dan kerja kelompok secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan atau field research. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik pengumpulan data utama menggunakan angket yang digunakan untuk mengukur pengaruh metode pembelajaran diskusi dan pengaruh metode pembelajaran kerja kelompok. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari multiple choice test. Kemudian observasi, dokumentasi dan interview. Peserta dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VII MTs Muhammadiyah Kudus. Kemudian peneliti mengambil sampel sebanyak 78 siswa. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Kudus diperoleh hasil sebesar 0,807 atau 80,7%; 2) Pengaruh metode kerja kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Kudus diperoleh hasil sebesar 0,053 atau 5,3%; 3) Pengaruh metode pembelajaran diskusi dan kerja kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Kudus diperoleh hasil sebesar 0,808 atau 80,8%. Dari hasil perhitungan diperoleh angka R sebesar 0,808 dibandingkan dengan Ftabel sebesar 1,94. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup signifikan antara metode pembelajaran diskusi dan kerja kelompok dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran Diskusi; Kerja Kelompok; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 07:05 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 07:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/148 |
Actions (login required)
View Item |