Syahida, Farda (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’ Alamin (P5-PPRA) dalam Pembentukan Karakter di RA Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01.COVER.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (538kB) |
![]() |
Text
04.BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
05.BAB II.pdf Download (730kB) |
![]() |
Text
06.BAB III.pdf Download (703kB) |
![]() |
Text
07.BAB IV.pdf Download (951kB) |
![]() |
Text
08.BAB V.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (547kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’ Alamin (P5-PPRA) dalam pembentukan karakter di RA Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Untuk mengetahui bagaimana, projek apa saja, dan kendala dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’ Alamin dalam pembentukan karakter di RA Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu data yang didapat berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menyatakan, bahwa ada beberapa tahapan yang ditempuh dalam proses mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’ Alamin di RA Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Dari tahap awal yaitu membentuk tim fasilitator projek, mengetahui kesiapan sekolah atau madrasah, merancang dimensi, tema, serta alokasi waktu, menyusun modul projek. Kemudian tahap yang kedua yaitu pelaksanaan projek dan tahap akhir yaitu refleksi dan asesmen. Dalam pembentukan karakter di RA Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus ada cara tertentu yang perlu diperhatikan sebelumnya. Cara tersebut yaitu dengan memilih tema projek yang sesuai pada tujuan yang hendak dicapai yaitu tertuju pada pembentukan karakter. Selanjutnya menentukan Capaian Dimensi (P5) dan nilai Rahmatan Lil’ Alamin supaya sesuai dengan tujuan utama pembentukan karakter dan terakhir yaitu merancang kegiatan pelaksanaan projek untuk diarahkan pada pembentukan karakter pada diri peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | profil pelajar Pancasila, rahmatan lil’ alamin, pembentukan karakte | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2025 03:04 | ||||||
Last Modified: | 08 Oct 2025 03:04 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |