Pengembangan E-Booklet Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Materi Kerajaan Islam Di Indonesia Kelas XII MA

Ali, Syahrul Luthfi (2024) Pengembangan E-Booklet Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Materi Kerajaan Islam Di Indonesia Kelas XII MA. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran e-booklet Sejarah Kebudayaan Islam ini bertujuan untuk 1) mengetahui spesifikasi e-booklet sebagai inovasi media pembelajaran mata pelajaran SKI materi Kerajaan Islam Di Indonesia kelas XII MA, dan juga 2) mengetahui kepraktisan e-booklet sebagai media pembelajaran mata pelajaran SKI materi Kerajaan Islam Di Indonesia kelas XII MA. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan R&D (Research and Development) model Borg and Gall oleh Sugiyono (10 langkah) yang dimodifikasi hanya sampai pada langkah ke-7, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Penelitian ini memperoleh hasil berupa: 1) Spesifikasi media e-booklet berisi cover menarik, petunjuk penggunaan, kata pengantar, daftar isi, materi, rangkuman video materi, rangkuman, evaluasi, daftar pustaka, glosarium, biodata penulis, dan cover belakang. 2) Validasi desain oleh ahli materi sebesar 81,84%, sedangkan validasi ahli media sebesar 87,5%, revisi desain sesuai komentar dan saran dari ahli materi dan ahli media. Kemudian hasil uji coba kepraktisan produk media e-booklet yang di uji cobakan di MA NU Ma’arif Kudus dengan subjek guru SKI dan 30 siswa MA kelas XII yang mendapatkan skor kepraktisan sebesar 86,33% dengan kategori “Sangat Layak”, dan revisi produk yang sudah sesuai. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media e-booklet ini layak digunakan dan dapat menjadi inovasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam serta tambahan bahan ajar bagi peserta didik. Harapan kedepannya media e-booklet dapat lebih disempurnakan mengenai tingkat keefektifannya, supaya dapat menjadi media pembelajaran dan sumber pembelajaran bagi guru dan peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDRahmawati, UlfahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-booklet, Media Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Oct 2025 07:59
Last Modified: 08 Oct 2025 07:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14823

Actions (login required)

View Item View Item