Rohman, Muhamad Taufiqur (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTS Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (696kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
4. Bab I.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
5. Bab II.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
6. Bab III.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
7. Bab IV.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
8. Bab V.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus. Penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran IPS di Mts Miftahul Huda III dimulai dari pelaksanaan awal, pelaksanaan inti dan penutup. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode Mind Mapping di Mts Miftahul III Lau Dawe Kudus ini sudah baik hal ini dibuktikan dengan peningkatan terhadap pemahaman siswa dengan bukti hasil nilai ulangan semester dengan akumulasi nilai rata-rata 77 diatas KKM 75 dengan representasi siswa yang belum tuntas hanya 14,29% dari jumlah 5 siswa sedangkan siswa yang tuntas ada 85,71% dari jumlah 30 siswa. Dari hasil capaian tersebut disimpulkn bahwa siswa dapat mencapai ketuntasan belajar dan siswa menjadi lebih aktif dari sebelumnya. Adapun Faktor pendukung penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran IPS di antaranya adalah Pertama, Kreativitas dan Imajinasi, Kedua, Memperkuat Penghafalan, Ketiga, Meningkatkan Pemahaman, Keempat, Mengaktifkan Koneksi Otak, Kelima, Memfasilitasi Kolaborasi, Keenam, Fleksibilitas. Sedangkan untuk faktor penghambat nya adalah: Pertama, Kesulitan dalam Mengorganisasi Informasi, Kedua, Keterbatasan Waktu, Ketiga, Kesulitan dalam Menemukan Pola Pikir yang Sesuai, Keempat, Resistensi terhadap Perubahan. Metode Mind Mapping adalah usaha pengembangan informasi menggunakan visualisasi gambar, simbol. Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Maka dari itu sangat disarankan untuk guru IPS mampu memberikan cara metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif terutama dengan cara metode yang lebih efektif agar mampu memberikan dampak positif kepada siswa. Penelitian ini diharapkan dapat manfaatkan untuk menambah wawasan, literasi dan ketrampilan bagi pembaca. Serta mampu dikembangkan lagi untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2025 04:05 | ||||||
Last Modified: | 10 Oct 2025 04:05 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |