PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL DENGAN PENDEKATAN STEAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MI DARUL ULUM 02 KUDUS TAHUN AJARAN 2023/2024

Fatimah, Putri Dewi (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL DENGAN PENDEKATAN STEAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MI DARUL ULUM 02 KUDUS TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (543kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (809kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Skripsi: Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan STEAM dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di MI Darul Ulum 02 Kudus. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan STEAM dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di MI Darul Ulum 02 Kudus. 3) Untuk mengetahui pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di MI Darul Ulum 02 Kudus setelah Model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan STEAM diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode eksperimen, yaitu true eksperiment dengan pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MI Darul Ulum 02 Kudus. Pengumpulan data melalui soal tes pemahaman belajar dan lembar observasi Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat peningkatan pemahaman belajar siswa setelah menerapkan model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan STEAM. Dari Uji Hipotesis diketahui bahwa 0,00 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha dierima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata anatara hasil pemahaman belajar pretest dengan posttest yang artinya ada pengaruh penggunaan Model pembelajaran PjBL dengan pendekatan STEAM dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model PjBL, Pendekatan STEAM, Pembelajaran IPS, Pemahaman
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2025 04:46
Last Modified: 10 Oct 2025 04:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14840

Actions (login required)

View Item View Item