Sulthoniyah, Amanatus (2024) Model Penguatan Karakter Religius Peserta didik SMP Berbasis Pesantren di Kabupaten Kudus. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
![]() |
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (666kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (481kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model penguatan karakter religious peserta didik SMP berbasis pesantren di Kabupaten Kudus, yang meliputi 1) Untuk mendeskripsikan model pengelolaan penguatan karakter religius peserta didik SMP berbasis pesantren di Kabupaten Kudus. 2) Untuk mendeskripsikan strategi penguatan karakter religius peserta didik SMP berbasis pesantren di Kabupaten Kudus. 3) Untuk mendeskripsikan metode penguatan karakter religius peserta didik SMP berbasis pesantren di Kabupaten Kudus. 4) Untuk mendeskripsikan dampak penguatan karakter religius peserta didik SMP berbasis pesantren di Kabupaten Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitiannya merupakan studi kasus (case studi research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu model penguatan karakter religius bagi peserta didik yang dilakukan oleh lembaga pendidikan tingkat SMP berbasis pesantren di Kabupaten Kudus, Sumber data diperoleh dari kepala sekolah dan waka kurikulum di SMP Tahfidz Duta Aswaja dan SMP It Rohmatul Ummah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu Menggambarkan pengalaman, Menggambarkan makna dan Fokus pada analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) model pengelolaan penguatan karakter religious yang dilaksanakan di SMP Tahfidz Duta Aswaja dan SMP IT Rohmatul Ummah yaitu terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Yang diawali dengan penyusunan mata Pelajaran umum yang di kolabrasikan dengan kurikulum pesantren, dan di tambahkan dengan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat religius. 2) bentuk strategi yang di terapkan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan seperti haaqah A-Qur’an, tadarus One Day One Juz, Shalat berjamah,, dll yang dapat membantu dalam penguatan karakter religious peserta didik. 3) metode yang di gunakan kedua sekolah tersebut berupa pembiasaan yang baik, keteladanan dan kedisiplinan. 4) Dampak dari penguatan karakter religius tersebut yaitu memperkuat ketaatan peserta didik, membentuk sikap kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemandirian pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | karakter religious, SMP berbasis Pesantren | ||||||
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren |
||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2025 03:17 | ||||||
Last Modified: | 16 Oct 2025 03:17 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |