Rohman, Fatkhur (2024) Manajemen Kurikulum Muatan Lokal Pada Madrasah Tsanawiyah Di Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
01. COVER.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (376kB) |
|
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) |
|
|
Text
04. BAB I.pdf Download (365kB) |
|
|
Text
05. BAB II.pdf Download (514kB) |
|
|
Text
06. BAB III.pdf Download (354kB) |
|
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (763kB) |
|
|
Text
08. BAB V.pdf Download (328kB) |
|
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum muatan lokal pada madrasah tsanawiyah di Kudus, yang meliputi 1) untuk mendeskripsikan proses manajemen kurikulum muatan lokal pada madrasah tsanawiyah di Kudus, 2) untuk menemukan dan mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen kurikulum muatan lokal yang ada di madrasah tsanawiyah di Kudus.. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus multikasus, yang mengacu pada penelitian yang melibatkan lebih dari satu kasus. Sumber data diperoleh dari Waka Kurikulum dan guru pengampu mata pelajaran muatan lokal di MTs NU TBS Kudus dan MTsN 1 Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses manajemen kurikulum muatan lokal di MTs NU TBS Kudus dan MTsN 1 Kudus melibatkan tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap ini kurikulum muatan lokal direncanakan dengan menetapkan tujuan, menyusun standar kompetensi, dan mempersiapkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dalam kurikulum muatan lokal. (2) Diantara faktor yang mendukung adanya manajemen kurikulum muatan lokal yaitu. Pertama, adanya sarana dan prasarana yang memadai dalam implementasi kurikulum muatan lokal. Kedua, kualitas tenaga pendidik yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang mata Pelajaran kurikulum muatan lokal. Ketiga, kreatifitas guru dalam mengembangkan bahan ajar. Keempat, adanya pengembangan dan pelatihan tenaga pendidik untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik. Adapun faktor yang menghambat manajemen kurikulum muatan lokal yaitu; Pertama, alokasi waktu yang tersedia kurang memadai. Kedua, latar belakang asal peserta didik yang berbeda. Ketiga, adanya guru yang merangkap mata Pelajaran lain sehingga focus guru menjadi terbelah (3) Pada MTs NU TBS Kudus Implementasi kurikulum salaf dalam proses pembelajaran memberikan dampak sebagai penguatan karakter religigius bagi peserta didik, selain itu dengan adanya kurikulum muatan lokal salaf pada proses pembelajaran, peserta didik lebih memiliki bekal dalam menjalankan ibadah dalam keseharian. Pada MTsN 1 Kudus, penerapan kurikulum muatan lokal tahfidz pada peserta didik memberikan dampak yang cukup besar, diantaranyna adalah dengan adanya kurikulu muatan lokal tahfidz pada MTsN 1 Kudus melatih peserta didik dalam membaca dan menulis Al-Qurán. Selain itu dengan adanya kurikulum tahfidz ini juga dapat mengembangkan karakter peserta didik
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
|||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kurikulum Muatan Lokal, Madrasah Tsanawiyah | |||||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum |
|||||||||
| Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 03:44 | |||||||||
| Last Modified: | 27 Oct 2025 03:44 | |||||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
