Sulistiyani, Elvina (2024) Pengembangan Media Big Book Terintegrasi Nilai Keislaman Dalam Tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas III. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (363kB) |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (202kB) |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (338kB) |
|
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (714kB) |
|
|
Text
8. BAB V.pdf Download (217kB) |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Big book terintegrasi nilai-nilai keislaman dalam tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III MI Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo, dan mendiskripsikan uji coba kelayakan media pembelajaran Big book terintegrasi nilai-nilai keislaman dalam tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III MI Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yaitu model yang didalamnya mempresentasikan tahapan-tahapan secara sistematika dan sistematis dalam pengunaannya untuk mendesain dan mengembangkan sebuah produk yang efektif dan efisien. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kualitas produk berupa lembaran penelitian media yang digunakan untuk ahli materi, ahli media, dan angket respon siswa dengan menggunakan skala likert. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 30 peserta didik kelas III. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel berupa sampling jenuh yang berjumlah 30 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media pembelajaran Big book terintegrasi nilai-nilai keislaman memenuhi syarat untuk digunakan pada kelas III di MI Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo dengan model ADDIE yaitu melalui tahap Analysis yang berdasarkan analisis karakteritik siswa, analisis materi, dan analisis kebutuhan, tahap Design dengan mendesain sebuah produk yang kemudian baru dikembangkan pada sebuah media pembelajaran, tahap Development dengan cara mengembangkan media pembelajaran, tahap Implementation yang dilakukan dengan menerapkan media pembelajaan pada siswa kelas III, dan tahap Evaluation yang dilakukan dengan revisi terhadap produk yang telah dikembangkan. 2) Berdasarkan pengembangan media big book untuk siswa kelas III yang layak digunakan dari hasil uji coba kelompok laki-laki dan perempuan memeroleh kategori layak/sangat setuju untuk digunakan berdasarkan hasil validasi Ahli Materi diperoleh persentase nilai akhir rata-rata 88% dengan kategori tinggi/valid, dan hasil validasi ahli media diperoleh persentase nilai akhir rata-rata 96% dengan kategoi tinggi/valid
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Media, Nilai-Nilai keislaman, Makhluk Hidup | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 08:07 | ||||||
| Last Modified: | 27 Oct 2025 08:07 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
