Rustiyana, Ana (2024) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs. Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
|
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (250kB) |
|
|
Text
04.BAB I.pdf Download (770kB) |
|
|
Text
05.BAB II.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
06.BAB III.pdf Download (696kB) |
|
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (895kB) |
|
|
Text
08.BAB V.pdf Download (362kB) |
|
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (728kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu Kelas VIII di MTS Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati, untuk mengetahui sikap sosial apa sajakah yang di bentuk melalui pembelajaran IPS terpadu pada kelas VIII di MTS Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati, untu mengetahui keberhasilan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu kelas VIII di MTS Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sekunder serta menggunakan purpose sampling. Subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VIII di MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan meningkatkan ketekunan peneliti dan triangulasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam proses pendidikan karakter di kelas VIII MTs Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti yaitu proses pembelajaran di dalam kelas yang dilakukan oleh guru dengan cara mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam RPP mata pelajaran IPS yang telah disesuaikan dengan tema pelajaran. 2) Pembentukan sikap-sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS kelas VIII MTs. Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati yaitu sikap-sikap sosial peserta didik jujur, bertanggungjawab, disiplin, toleransi, mandiri, gotong royong, percya diri, santun dan interaktif. 3) terdapat hasil yang relatif berhasil terhadap penerapan pembentukan sikap sosial peserta didik dalam menanamkan nilai-nilai karakter sikap sosial yang dilakukan dalam pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, sikap sosial, Pembelajaran IPS | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 09:17 | ||||||
| Last Modified: | 06 Nov 2025 09:17 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
