Amalia, Rizqi (2024) Implementasi pembelajaran kartu angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini di Paud Nurul Ulum Piji Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
|
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (436kB) |
|
|
Text
04.BAB I.pdf Download (555kB) |
|
|
Text
05.BAB II.pdf Download (868kB) |
|
|
Text
06.BAB III.pdf Download (559kB) |
|
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (847kB) |
|
|
Text
08.BAB V.pdf Download (428kB) |
|
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran kartu angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini di PAUD Nurul Ulum Piji Dawe Kudus. Untuk mengetahui bagaimana kendala dalam pembelajaran kartu angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini di PAUD Nurul Ulum Piji Dawe Kudus. Untuk mengetahui bagaimana solusi dalam pembelajaran kartu angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini di Paud Nurul Ulum Piji Dawe Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, studi kasus (case studies) dan lapangan (field study). Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Untuk pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan model interaktif Miles dan Huberman diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Implementasi pembelajaran kartu angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini di Paud Nurul Ulum Piji Dawe Kudus terdapat beberapa tahapan, adapun tahapannya antara lain: a. Tahap Perencanaan: tahap perencanaan ini guru menjalankan beberapa langkah yaitu membuat RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) dan membuat RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) sesuai tema, dan pendidik menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan. b. Tahap Pelaksanaan: tahap pelaksanaan pembelajaran ini guru mampu memenuhi beberapa tahapan kegiatan pembelajaran, yakni kegiatan pendahuluan berupa baris didepan kelas, melakukan kegiatan senam, dan berdoá. Kegiatan inti guru membawa media kartu angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak, setelah itu guru menerangkan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan. serta kegiatan penutup diakhiri dengan pendidik bertanya tentang perasaan anak dalam pengalaman belajar menggunakan media kartu angka. c. Tahap Evaluasi: Pelaksanaan kegiatan belajar menggunakan media kartu angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini telah mengalami peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga. Perkembangan kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan dibandingkan sebelum diterapkan pembelajaran menggunakan media kartu angka, oleh karena itu pembelajaran kartu angka untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini sudah terlaksana cukup baik. 2). Pada pembelajaran kartu angka yang diterapkan di PAUD Nurul Ulum terdapat beberapa faktor penghambat, yaitu keterbatasan waktu pembelajaran, dan motivasi belajar pada diri anak masih belum terbentuk secara penuh. 3) Solusi untuk mengatasi faktor yang menghambat proses pembelajaran menggunakan media kartu angka di PAUD Nurul Ulum adalah dengan cara guru melakukan pengelolaan waktu dengan baik, selain itu motivasi dalam proses pembelajaran perlu dipahami oleh guru agar dapat membantu atau melakukan berbagai bentuk tindakan kepada anak dalam belajar
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kartu Angka, Pengembangan Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD |
||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:36 | ||||||
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:36 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
