Andrian, Muhamad Dimas (2024) Peran Guru IPS dalam Menghadapi Problem Student Misconduct Melalui Pendidikan Karakter Disiplin di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (263kB) |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik kelas IX dalam penyimpangan kedisiplinan terhadap aturan tata tertib di madrasah, berbagai permasalahan muncul karena penanaman nilai-nilai karakter disiplin yang belum bisa maksimal dilingkungan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang. (1) Mendaptkan Informasi bagaimana upaya guru IPS dalam menghadapi problem student misconduct di Kelas IX MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. (2) Untuk mengetahui peran guru IPS dalam penerapan pendidikan karakter disiplin di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. (3) Untuk mengidentifikasi hambatan pada penerapan pendidikan karakter disiplin di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Penelitian ini munggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus/lapangan. Data penelitian ini diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian semua data yang telah dikumpulkan dan selanjutnya dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah guru IPS, kepala madrasah, dan peserta didik kelas IX. Hasil Penelitian adalah sebagai berikut: (1) Upaya guru IPS dalam menghadapi problem student misconduct di kelas IX terdapat dua cara, pertama melalui tindakan preventif dan kuratif. Untuk tindakan preventif dilakukan melalui keteladanan, treatment khusus, komunikasi, dan orang tua. Kedua, tindakan kuratif dilakukan dengan memberikan hukuman atau sanksi yang sifatnya edukatif. (2) Peran guru IPS dalam penerapan pendidikan karakter disiplin terdapat dua cara, pertama ilmu religiusitas dan ilmu umum. Untuk ilmu religiusitas melalui adab, akhlak, akhlakul karimah, menghormati dan menghargai guru, orang tua, serta teman sebaya. Ilmu umum melalui penerapan ideologi-ideologi pancasila. (3) Hambatan pada penerapan karakter disiplin terdapat dua kendala. Pertama, diluar lingkungan pendidikan yakni, dari lingkungan sekitar, pergaulan peserta didik, keluarga, faktor ekonomi, faktor pengawasan orang tua, dan lingkungan pendidikan yang kurang memadai. Kedua, didalam pendidikan peserta didik salah menanggapi dan memahami apa yang disampaikan oleh guru IPS
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru IPS, Problem Student Misconduct, Pendidikan Karakter Disiplin | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi) |
||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:55 | ||||||
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:55 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
