Lutfiyah, Isnaatul (2023) Studi Eksperimen Penguasaan Materi Hemat Energi Literasi Sains dengan Menggunakan Media Pembelajaran Comic Life Siswa Kelas IV di MI Miftahul Huda Kedungleper Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (942kB) |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (306kB) |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (289kB) |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (355kB) |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (555kB) |
|
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (426kB) |
|
|
Text
8. BAB V.pdf Download (270kB) |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
Abstract
Studi Eksperimen Penguasaan Materi Hemat Energi Literasi Sains dengan Menggunakan Media Pembelajaran Comic Life Siswa Kelas IV di MI Miftahul Huda Kedungleper Tahun Pelajaran 2022/2023
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | DAFTAR PUSTAKA Abidin, Yunus. Tita Mulyati dan Hana Yunansah. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. (Jakarta: Bumi Aksara, 2018). Adam, Steffi dan Muhamamd Taufik Syastra. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasi Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.” Jurnal CBIS Vol 3, No.2 (2011): 79 – 88. Admin Dunia Kampus. “Pengertian Literasi Menurut Para Ahli.” (2020):1 https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/ Ahmadi, Farid dan Hamidulloh Ibda. Katalog Dalam Terbitan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Media Literasi Sekolah. (Semarang: CV Pilar Nusantara, 2021). Aini, Zulfi Bella Nur. Siti Saroh dan Dadang Krisdianto. "Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Pada Pengunjung Pantai Boom Banyuwangi)." Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis Vol.10, No.1 (2021): 132-139. Alim. “Analisis Keterampilan Literasi Sains Dan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Etnosains.” (Tesis UNNES, 2019). Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010). Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. (Yogyakarta: PT Rineka Cipta, 2002). Arohman, Mamat. Saefudin dan Ddidik Priyandoko. “Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem.” Proceeding Biology Education Conference Vol.13, No.1 (2016): 90 – 102. Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007). Badan Nasional Standar Pendidikan. “Paradigma pendidikan nasional abad XXI.” Badan Standar Nasional Pendidikan Versi 1.0. (2010) http://www.bsnp-indonesia.org/id/wpcontent/Laporan BNSP2010.pdf. Bagasta, Adifa Risa. Dewi Rahmawati. Dzahra Mar’atul F.Y.M. Indah Purbo Wahyuni dan Baskoro Adi Prayitno. “Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di Salah SMA Negeri Kota Sragen.” Jurnal Pendidikan Vol.7, no.2 (2018): 121-129. Batubara, Hamdan Husein. Media Pembelajaran Efektif. (Semarang: Fatawa Publishing, 2020). Batubara, Hamdan Husein. Media Pembelajaran MI/SD. (Semarang: CV Graha Edu, 2021). Daryanto. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. (Yogyakarta: Gava Media, 2013). Dwija, I Wayan. Metodologi Penelitian Pendidikan. (Amlapura: Yayasan Gandhi Puri, 2020). Fauzi, Sis Nur Muhammad."Penerapan Metode Mengubah Teks Wawancara Menjadi Karangan Narasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Kelas VIII A MTs Negeri 2 Purbalingga Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020." Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol.1, No.1 (2021): 1-13. Filjian, Shufi Khulda. Supeno dan Rusdianto. ”Pengembangan E-Komik Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol.5, No.2 (2022): 125 – 139. Gani, Irwan dan Siti Amalia. Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. (Yogyakarta: ANDI, 2015). Hakim, Lukman. Much Azam. Sarjan. Sarmin. Eko Wijiono. Endang Yulia Kurniasih. Indayastuti dan Karsidi. Tematik 4 Tema 2 Membudayakan Selalu Berhemat Energi. (Solo:Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2015). Hamid, Mustofa Abi. Media Pembelajaran. (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020). Iktamala, Fita.“Pengaruh Penggunaan Media Video Stop Motion terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Sumber Daya Alam di MI Rujchaniyyah Sumberejo Mranggen Demak Tahun Ajaran 2016/2017.” (Skripsi, UIN Walisongo Semarang,2017). Ismail, Fajri. Statistika untuk Penelitian Dan Ilmu-ilmu Sosial. (Jakarta: Prenadamedia Group, 2018). Kurniawan, Heru. Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. (Yogyakarta: Deepublish, 2021). Kusumastuti, Adhi. Ahmad Mustamil Khoiron dan Taofan Ali Achmadi Metode Penelitian Kuantitatif. (2020): 103 – 105 https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kua ntitatif/Zw8REAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=penelitian%20ku antitatif&pg=PP1&printsec=frontcover&bsq=penelitian%20kuan titatif Lestari, Feni Yuni. Pengaruh Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA. (Magelang: Diss.Skripsi Universitas Muhammadiyah, 2017). Lestari, Septian Pawulan Catur. Supeno dan Iwan Wicaksono. “Pengaruh Penggunaan Comic Life terhadap Kemampuan Scientific Explanation dan Hasil Belajar IPA.” Musamus Journal of Science Education. Vol.3 No.2 (2021): 50 – 68. Lolombulan, Julius H Analisis Data Statistik bagi Peneliti Kedokteran dan Kesehatan. (Yogyakarta: ANDI, 2020). Matondong, Maria Marisa, et al. "Uji Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA 2 dan XII MIPA 2 di SMA Negeri 1 Muaro Jambi." Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, Vol.16, No.3, Jambi (2020): 218-227. Mujianto, Solichin. “Analisis Daya beda soal, taraf kesukaran, validitas butir tes, interpretasi hasil tes dan validitas ramalan dalam evaluasi pendidikan.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol.2, No.2 (2017): 192 – 213. Nuha, Ashif Ulin. Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Shalat Rawatib Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Siswa Kelas III-B MI Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan. (Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018). Nurfadhillah, Septy. Media Pembelajaran SD. (Sukabumi: CV Jejak, 2021). OECD. “PISA 2018 Insights and Interpretations, PISA.” OECD Publishing (2018): 1 – 58 https://www.oecd.org/pisa/PISA%202018%20Insights%20and% 20Interpretations%20FINAL%20PDF.pdf. Oktaviani, Mitha Arvira dan Basuki Notobroto. “Perbandingan tingkat konsistensi normalitas distribusi metode kolmogorov-smirnov, liliefors, shapiro-wilk, dan skewness-kurtosis.” Jurnal Biometrika dan Kependudukan. Vol.3, No.2. (2014): 127- 135. Padmadewi, Ni Nyoman dan Luh Putu Artini. Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktik. (Bali: Nilacakra, 2018). Pakpahan, Andrew Fernando. Pengembangan Media Pembelajaran. (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020). Palupi, Aprida Niken. Dian Ervina Widiastuti. Fitri Nurul Hidhayah. Fadilla Diah Winta Utami dan Prima Rias Wana. Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar. (Madiun: Bayfa Cendikia Indonesia, 2020). Payadnya, I Putu Ade Andre dan I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistika Dengan SPSS. (Yogyakarta: Deepublish, 2018). Pendidik, menulis. “Comic Life dalam Pembelajaran PAI dan BP.” (2016):1 https://pendidikmenulis.wordpress.com/2016/07/30/comic-life dalam-pembelajaran-pai-bp/. Prastika, Yuniaria Dwi. “Pengaruh Validitas Reliabilitas Dan Tingkat Kesukaran Terhadap Kualitas Butir Soal Ekonomi Menggunakan Software Anates Di SMKN 3 Bangkalan.” (Diss. STKIP PGRI BANGKALAN, 2021). Putri, Astrini Eka. Model Penilaian Berbasis HOTS Pada Pembelajaran Sejarah. (Klaten: Lakeisha, 2021). Putri, Sella Mita Dwi dan Ragil Kurniawan. “Komik Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter di SD.” Jurnal Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Vol.3, No.1 (2019): 132 – 141. Restian, Arina dan Eka Kartika Sari. “Pengembangan Media “Comic Life” untuk Gerakan Literasi Siswa Kelas III di Sekolah Dasar.” Jurnal Guruan Dasar Nusantara Vol.5, No.1 (2019): 159 – 171 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13187. Riyanto, Jaka Wismono. Gembira Belajar IPA. (Jakarta: PT.Grasindo Widiasarana Indonesia, 2007) Sadiman, Arif S. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 1993). Sari, Era Listika. “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Pop Up Book pada Materi Polusi dan Dampak Terhadap Lingkungan untuk Anak Tunarungu.” (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2019). Sasinggala, Metilistina. Pembelajaran Untuk Daerah Kepulauan. (Yogyakarta: Absolute Media, 2012). Setyawan, Dodiet Aditya. Hipotesis dan Variabel Penelitian. (Klaten: Tahta Media Group, 2021) Sinaga, Enny Keristiana. Statistika Teori dan Aplikasi Pendidikan. (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2019). Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. (Jakarta: Prenada Media, 2013). S.N.Pratiwi, C Cari, N.S.Aminah. “Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa.” Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) Vol.9, No.1 (2019): 34 – 42. Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. (Sleman: Literasi Media Publishing, 2015). Sudirman, ”Penerapan Pembelajaran Model React untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fikih Materi Peradilan Islam bagi Siswa Kelas XI MIA Madrasah Aliyah Negeri 3 Sragen Semester Gasal Tahun 2018/2019.” Jurnal Pendidikan Konvergensi 30, Vol.7 (2019): 85 – 103 https://www.google.co.id/books/edition/Jurnal_Pendidikan_Kon vergensi/JbvMDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1. Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. (Bandung: Alfa Beta,2018). Supriyono. “ Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Dasar Vol.2, No.1 (2018): 43 – 48. Suranto, Agus. “Problematika Guru Dalam Menerapkan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Kelas Rendah Di SDN Mukiran 03.” (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019). Sutrisna, Nana. "Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh." Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1, No.12 (2021): 2683 – 2694. Tim Penyusun.Metode Riset Untuk Bisnis dan Manajemen. (Bandung: Universitas Widyatama, 2007). Tim Tunas Karya Guru Sukardi. Kreatif Tematik Selalu Berhemat Energi Kelas IV Untuk SD/MI. (Bandung: Penerbit Duta, 2019). Treacy, Daniel J, Collins, Melissa S, Kosinski. ”Using the writing and revising of jurnal articles to increase science literacy and understanding in a large introductory.” Biology laboratory coure Atlas journal of science education, Vol.1, No.2 (2011): 29 – 37. Umar, Husein. Riset Sumber Daya Manusia. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005). Worosetyaningsih, Tri. Fitri Rahmawati dan Sugiarto. Panduan Pengembangan Media Pembelajaran Sederhana. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.(2017). Yaumi, Muhammad. Media dan Teknologi Pembelajaran. (Jakarta: Kencana, 2021). Yusuf, Muhammad dan Lukman Daris. Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan. (Bogor: PT Penerbit IPB Press, 2018). | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 08:57 | ||||||
| Last Modified: | 21 Nov 2025 08:57 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
