PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERAHADAP PENGALAMAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU NURUL HUDA JETAK KEDUNGDOWO KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nailassa’adah, Nailassa’adah (2015) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERAHADAP PENGALAMAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU NURUL HUDA JETAK KEDUNGDOWO KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (476kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (421kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (647kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (982kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (21MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (604kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar serta pengalaman belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Nu Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. (2) pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap pengalaman belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Nu Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field reserch) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs Nu Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII sejumlah 206 orang, kemudian diambil sampel sebesar 131 orang. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu metode deskriptif dan regresi linier sederhana dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber di MTs NU Nurul Huda dalam kategori baik yaitu 96. Serta pengalaman belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Nurul Huda dalam kategori baik juga yaitu 111. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap pengalaman belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Nurul Huda dengan menggunakan model Ŷ = 33,058 + 0,805 X. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan pengalaman belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Nurul Huda dengan angka koefisien korelasi 0,6503 termasuk dalam kategori signifikan. Kemudian pada koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 42,289%, artinya pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar memberikan kontribusi sebesar 42,289% terhadap pengalaman belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Nurul Huda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar; pengalaman belajar pada mata pelajaran fiqih
Subjects: Fiqih
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 05:45
Last Modified: 09 Jul 2017 05:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item