Miftah, Muhammad Toha Ali (2016) KEMAMPUAN GURU PAI MENGGUNAKAN METODE WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 5 MARGOREJO DAWE KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (11MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini membahasKemampuan Guru PAI MenggunakanMetode Word Square DalamMeningkatkanMotivasiBelajarSiswapada Mata PelajaranPendidikan Agama Islam di SD Negeri 5 Margorejo Dawe Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kemampuan guru PAI menggunakanmetode word square padamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SD Negeri 5 Margorejo Dawe Kudus.2) Faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat pelaksanaan metode word square padapembelajaranPendidikan Agama Islam di SD Negeri 5 Margorejo Dawe Kudus. 3) Hasilbelajarsiswasetelahpenerapanmetode Word Square padamatapelajaranPendidikan Agama Islam. Jenis penelitian dalam ini peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni melalui wawancara terhadap instansi dalam membahas tentang Kemampuan Guru PAI menggunakanMetode Word Squrekemudian observasi dan dokumentasi. Adapun obyek penelitian adalah SD Negeri 5 Margorejo Dawe Kudus. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru PAI dan peserta didik, tentang penerapannya serta faktor yang dapat mendukung dan menghambat dalam penerapannyasertahasildaripenerapanmetode Word Square padapembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan MetodeWord Square Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri 5 Margorejo Dawe Kudus merupakan suatu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan dapat menjadikan siswa semangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang bersaing terhadap tantangan zaman. Adapun faktor pendukung Penerapan MetodeWord SqurePada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 5 Margorejo Dawe Kudus yakni kualitas, keaktifan peserta didik, sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambatnya meliputi siswaitusendiri, metode word square yang tidakadainovasisertasuaradarikelas lain yang mengganggukonsentrasi. Mengenaihasil yang dicapaisetelahpenerapanmetode Word Square yaitumeningkatnyapemahamansiswatentangmateri yang disampaikan, nilai yang awalnyastandart KKM sudahmampumelebihinilai KKM yang ditentukansekolah, semangatdalammengikutipelajaran PAI bertambahdankelasmenjadiaktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Guru PAI; Word Square; HasilBelajarSiswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 07:27 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 07:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/156 |
Actions (login required)
View Item |