Hidayati, Zinatun Nuril (2016) STRATEGI PENERAPAN SISTEM SMART DISCIPLINE DALAM MENGEMBANGKAN MORALITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI. AL-HIDAYAH DESA PRAWOTO SUKOLILO PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (508kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (514kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (286kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (506kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (233kB) |
Abstract
Moralitas peserta didik semakin menurun. Peserta didik melakukan perilaku menyimpang baik itu di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Sehingga menyebabkan peserta didik tidak memiliki sikap disiplin, jujur, tanggung jawab, sopan santun dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan moralitas peserta didik diperlukan adanya cara yang dapat memotivasi supaya selalu berperilaku baik yaitu dengan menggunakan sistem smart discipline. Sehingga dalam penelitian ini akan membahas tentang (1) Bagaimana pelaksanaan strategi penerapan system smart discipline dalam mengembangkan moralitas peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI. Al-Hidayah Desa Prawoto Sukolilo Pati (2) Apa saja factor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan strategi penerapan system smart discipline dalam mengembangkan moralitas peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI. Al-Hidayah Desa Prawoto Sukolilo Pati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pelaksanaan strategi penerapan system smart discipline dalam mengembangkan moralitas peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI. Al-Hidayah Desa Prawoto Sukolilo Pati (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan penerapan system smart discipline dalam mengembangkan moralitas peserta didik pada mata pelajarana qidaha khlak di MI. Al-Hidayah Desa Prawoto Sukolilo Pati. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adpaun lokasi penelitian di MI. Al-Hidayah Desa Prawoto Sukolilo Pati. Selanjutnya untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui (1) Penerapan sistem smart discipline ini memberikan konstribusi baik bagi moralitas peserta didikiniterbuktibahwapesertadidikmenjadilebihdisiplin, bersikapsopansantun, memiliki rasa hormat, jujur, bertanggungjawab, taatdanpatuhpada guru(2) Dalam penerapan sistem smart discipline dalam mengembangkan moralitas peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak terdapat beberapa faktor pendukung, yakni mendapat dukungan dari berbagaipihak, adanyaantusiaspesertadidik, adanya teladan dari guru aqidah akhlak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu perbedaan karakter peserta didik, faktor lingkungan peserta didik yang kurang baik, peserta didik tidak memahami dan tidak menganggap bahwa sistem smart discipline itu penting untuk mengarahkan agar anak-anak mempunyai perilaku baik, dan kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya memiliki moral yang baik dan akibat jika melakukan perbuatan yang menyimpang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Smart Discipline; Moralitas; AqidahAkhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 07:48 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 07:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/161 |
Actions (login required)
View Item |