Rohman, Taufiqur (2017) IMPLEMENTASI METODE EKSPLORASI, PENGENALAN DAN APLIKASI KONSEP (EPA) DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN KELAS X DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (5MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui metode eksplorasi, pengenalan dan aplikasi konsep (EPA) dalam membaca al-Qur’an di SMA NU Al Ma’ruf Kudus (2) Untuk meningkatan ketrampilan membaca al-Qur’an pada siswa kelas X di SMA NU Al Ma’ruf Kudus (3) Untuk mengetahui implementasi metode eksplorasi, pengenalan dan aplikasi konsep (EPA) dalam meningkatkan ketrampilan membaca al-Qur’an siswa pada mata pelajaran al-Qur’an kelas X di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Disini peneliti mengambil lokasi di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapatkan diantaranya yaitu: (1) Metode Eksplorasi, Pengenalan dan Aplikasi Konsep (EPA) dalam membaca Al-Qur’an di SMA NU Al Ma’ruf Kudus mempunyai peran penting dan sangat berpengaruh positif terhadap pembelajaran al-Qur’an, yaitu meningkatkan motivasi belajar karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran al-Qur’an, efektif dalam menuntut kesungguhan dan kreativitas guru untuk merancang dan melaksanakan proses pembelajaran,siswa mengalami banyak kemajuan terutama dalam membaca al-Qur’an, karena proses pembelajaran membuat siswa aktif dan lebih giat bersemangat lagi untuk belajar al-Qur’an sehingga dalam hal membaca al-Qur’an mengalami kemajuan yang cepat , semakin baik, dan trampil. (2) Peningkatan ketrampilan membaca al-Qur’an pada siswa kelas X di SMA NU Al Ma’ruf Kudus terbilang mengalami banyak kemajuan dan peningkatan, hal ini dikarenakan secara keseluruhan siswa sudah mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan trampil, baik dari Tajwidnya, Makhorijul Hurufnya, kejelasan lafalnya, dan juga intonasinya, hal tersebut selaras dalam indikator pembelajaran al-Qur’an. (3) Implementasi metode eksplorasi, pengenalan dan aplikasi konsep (EPA) dalam meningkatkan ketrampilan membaca al-Qur’an siswa pada mata pelajaran al-Qur’an telah tercapai dengan baik dan berhasil, karena metode tersebut mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran, membuat siswa termotivasi dalam belajar al-Qur’an, minat dan semangat siswa juga tinggi dalam pembelajaran al-Qur’an, serta adanya peningkatan ketrampilan membaca serta menulis al-Qur’an mengalami banyak kemajuan, selain itu juga kegiatan pembelajaran lebih berfokus pada siswa dan lebih menempatkan guru sebagai fasilitator, yang mampu mendorong dan mengembangkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksplorasi; Pengenalan Dan Aplikasi Konsep (EPA); Ketrampilan Membaca Al-Qur’an; Mata Pelajaran Al-Qur’an. |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Jul 2017 04:30 |
Last Modified: | 22 Jul 2017 04:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1627 |
Actions (login required)
View Item |