IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN IMPROVE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA PIM MUJAHIDIN BAGENG GEMBONG PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hanifah, Chusaini (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN IMPROVE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA PIM MUJAHIDIN BAGENG GEMBONG PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (493kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran IMPROVE pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA PIM Mujahidin Bageng Gembong Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui kemampuan metakognitif siswa MA PIM Mujahidin Bageng Gembong Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui apa saja faktor pengahambat dan pendukung diterapkannya metode pembelajaran IMPROVE untuk mengembangkan kemampuan metakognitif siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA PIM Mujahidin Bageng Gembong Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang diadakan disuatu medan atau kancah dengan pendekatan kualitatif. Istilah kualitatif dimasukkan sebagai jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui proses statistik atau bentuk hitungan lainnya. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama pelaksanaan metode pembelajaran IMPROVE dalam mengembangkan kemampuan metakognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA PIM Mujahidin Bageng Gembong Pati, tersusun rapi dalam RPP. siswa dibentuk kelompok kecil, diberikan contoh kasus kemudian menyelesaikannya dengan bantuan pertanyaan metakognitif, diintruksikan untuk maju menjelaskan penyelesaiannya, guru memberikan peguatan terhadap penjelasan siswa, siswa di beri kuis dan terakhir yaitu pengayaan dan perbaikan. ini diperkuat oleh wawancara dengan bapak Ro’fat Hilmi, M.SI selaku guru Akidah Akhlak. Kedua alasan metode ini diterapkan karena dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa dan membuat siswa tidak bosan. Ketiga faktor penghambat: kurang tepatnya contoh permasalahan yang diberikan guru kepada siswa, kurangnya motivasi siswa dalam belajar, sarana dan prasarana yang kurang memadai. Faktor pendukung: keterampilan guru meyampaikan materi pembelajaran, pengelolaan kelas yang baik, kondisi siswa yang siap mengikuti KBM, dukungan dari orang tua dan komunikasi yang baik antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran IMPROVE; Kemampuan Metakognitif Siswa; Aqidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 08:27
Last Modified: 03 Dec 2016 08:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item