AKTUALISASI NILAI - NILAI MORAL DALAM KITAB MAKARIMUL AKHLAK KARYA AHMAD YASIN BIN ASMUNI RELEVANSINYA DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KONTEMPORER

Iskandar, Ahmad Nur (2017) AKTUALISASI NILAI - NILAI MORAL DALAM KITAB MAKARIMUL AKHLAK KARYA AHMAD YASIN BIN ASMUNI RELEVANSINYA DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KONTEMPORER. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (916kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (867kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (924kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (989kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (876kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (864kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (865kB)

Abstract

Nilai-nilai pendidikan agama Islam sangat penting bagi anak didik, dimana pertumbuhan dan perkembangannya sangat memerlukan tuntutan, bimbingan dan dorongan serta pengarahan agar dapat menguasai dan mengamalkan ajaran Islam secara utuh. Dengan proses ini diharapkan tumbuhpribadi muslim yang tangguh, sehingga dapat menjalankan ajaran Islam sebagai tugas kehidupannya untuk beribadah kepada Allah SWT. Sejalan dengan hal itu, Salah satu tujuan penyelenggaraan pendidikan ialah membentuk sikap moral dan watak berbudi pekerti luhur. Oleh sebab itu diperlukan pendekatan pendidikan dan mata pelajaran yang membantu membentuk kepribadian murid menjadi pribadi yang baik dan bermoral. Dalam skripsi ini, penulis hanya membatasi pada masalah Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Moral Dalam Kitab Makarimul Akhlak Karya Ahmad Yasin Bin Asmuni Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Kontemporer.Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai moral yang terkandung di dalam kitab Makarimul Akhlak jika di aktualisasikan dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam sekarang adalah masih relevan, karena sesua dengan tujuan kurukulum pendidikan agama Islam, tujuan pendidikan agama Islam, prinsip-prinsip pendidikan agama Islam dan fungsi pendidikan agama Islam serta undang-undang system pendidikan nasional nomer 20 tahun 2003 bab II pasal 3. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (Libery Research) dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dari keseluruhan data yang terkumpul dari wawamcara, dokumentasi, buku yang berkaitan dan lain-lain, kemudian dianalisis yang mana analis tersebut bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Hermeneutik dan Content Analysis. Penerapan metode Hermeneutik yaitu : pertama,penulis menyajikan apa adanya teks tersebut kemudian, menguraikan data-data terkait pengarangnya baik beberapa buah karyanya, backgroundnya, maupun konteks social saat teks tersebut lahir. Selanjutnya setelah melewati prose content analysis untuk menelaah isi pesan dari kitab Makarimul Akhlak. Dalam kondisi ini Hermeneutik menerapkan sebagai metode yang menafsirkan atau menginterprestasikan. Kemudian metode Content Analysis akan mengungkapkan isi kitab Makarimul Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral; Ahmad Yasin Bin Asmuni dan Makarimul Akhlak
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:41
Last Modified: 02 Oct 2017 06:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item