PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, HASIL SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS TAHUN 2016

Khadlirin, Khadlirin (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, HASIL SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS TAHUN 2016. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (547kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (473kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (461kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (727kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (529kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (878kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (421kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

Kinerja guru-guru di Sekolah Dasar (SD), khususnya di lingkup UPT Pendidikan Kecamatan Undaan dirasa masih kurang. Keberhasilan kinerja guru akan tampak apabila telah disupervisi oleh kepala sekolah, lingkungan sekitar juga dapat menentukan keberhasilan kinerja seorang guru. Oleh karena itu, selain guru itu sendiri yang harus meningkatkan kualitas kinerjanya, pihak sekolah juga perlu mengupayakan pemberdayaan guru agar memiliki kinerja yang baik dan professional dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, hasil supervisi akademik dan kompetensi guru terhadap kinerja guru SD Negeri se-Kecammatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket). Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah SD Negeri Se-Kecammatan Undaan Kabupaten Kudus. Dari hasil analisis data yang diperoleh dan dianalisis, diperoleh kesimpulan; (1) 1. Ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) SD se-Kecammatan Undaan Kabupaten Kudus. Ini ditunjukkan dari thitung > ttabel (3,823 > 1,968), (2) 2. Ada pengaruh yang signifikan antara hasil supervisi akademik (X2) terhadap kinerja guru (Y) SD se-Kecammatan Undaan Kabupaten Kudus. Ini ditunjukkan dari thitung > ttabel (3,590 > 1,968), (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru (X3) terhadap kinerja guru (Y) SD se-Kecammatan Undaan Kabupaten Kudus. Ini ditunjukkan dari thitung > ttabel (4,012 > 1,968), dan (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah (X1), hasil supervisi akademik (X2) dan kompetensi guru (X3) terhadap kinerja guru (Y) SD Negeri se-Kecammatan Undaan Kabupaten Kudus. Ini ditunjukkan dari f-hitung > f-tabel (14,419 > 2,65). Penelitian ini secara praktis diharapkan berguna sebagai bahan masukan kepala sekolah untuk pengambilan kebijakan kaitannya dengan kepemimpinan kepala sekolah, hasil supervisi akademik dan kompetensi guru terhadap kinerja guru. Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan penambahan wawasan tentang kepemimpinan kepala sekolah, hasil supervisi akademik dan kompetensi guru sehingga dapat membantu siswa meningkatkan terhadap kinerjanya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian berikutnya yang berhubungan dengan terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Supervisi; Kompetensi dan Kinerja
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2017 06:21
Last Modified: 03 Oct 2017 06:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1711

Actions (login required)

View Item View Item