Rohmawati, Dyah Ayu (2017) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PELATIHAN KEAGAMAAN UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU AGAMIS SISWA DI MTS WALISONGO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (4MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pelatihan keagamaan untuk meningkatkan perilaku agamis siswa kelas VII (2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pelatihan keagamaan untuk meningkatkan perilaku agamis siswa kelas VII (3) untuk mengetahui dampak penerapan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pelatihan keagamaan untuk meningkatkan perilaku agamis siswa kelas VII di MTs Walisongo Pecangaan Jepara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi serta triangulasi. Subyek penelitian adalah kepala madrasah, guru, serta siswa/siswi yang terlibat dalam kegiatan pelatihan keagamaan shalat berjamaah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data yang difokuskan pada data nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan pelatihan keagamaan shalat berjamaah, penyajian data (data display), serta membuat kesimpulan dan verifikasi (conclution and verification). Penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di MTs Walisongo Pecangaan Jepara dilakukan dengan kegiatan pelatihan keagamaan shalat berjamaah yang dilakukan rutin setiap hari. Tujuan kegiatan pelatihan keagamaan shalat berjamaah adalah untuk membentuk sikap siswa menjadi religius, mandiri, dan tanggungjawab. Pelaksanaan kegiatan pelatihan keagamaan shalat berjamaah adalah dengan praktik langsung dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan keagamaan shalat berjamaah menunjukkan bahwa siswa/siswi yang melakukan kegiatan pelatihan keagamaan shalat berjamaah disertai motivasi dari bapak/ibu guru mengalami perubahan sikap positif berupa sikap yang religius, mandiri, dan tanggung jawab. Faktor pendukung kegiatan pelatihan keagamaan shalat berjamaah yaitu kesiapan siswa/siswi, motivasi siswa/siswi, guru, sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat meliputi kesiapan siswa/siswi dan keluarga. Kegiatan pelatihan keagamaan hendaknya dijadikan kegiatan unggulan untuk mengembangkan karakter siswa/siswi yang unggul dan mulia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Pelatihan Keagamaan; Perilaku Agamis |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 08:27 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 08:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1720 |
Actions (login required)
View Item |