Basid, Basid (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MATHOLIBUL ULUM LEBAK PAKIS AJI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
File 1 COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
File 2 Abstrak.pdf Download (4MB) |
|
Text
File 3 Daftar Isi.pdf Download (4MB) |
|
Text
File 4 Bab 1.pdf Download (4MB) |
|
Text
File 5 Bab 2.pdf Download (4MB) |
|
Text
File 6 Bab 3.pdf Download (4MB) |
|
Text
File 7 Bab 4.pdf Download (4MB) |
|
Text
File 8 Bab 5.pdf Download (4MB) |
|
Text
File 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan kreatifitas siswa pada mata pelajaran Fiqih Di MTs Matholibul Ulum Lebak Pakis Aji Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Fiqih di MTs Matholibul Ulum Lebak Pakis Aji Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. (2) Bagaimana kreativitas siswa setelah penerapan strategi pembelajaran dengan pendekatan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Fiqih di MTs Matholibul Ulum Lebak Pakis Aji Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. (3) Apa saja faktor-faktor Pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan kreatifitas siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Matholibul Ulum Lebak Pakis Aji Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan strategi pembelajaran dengan pendekatan kooperatif kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Fiqih di MTs Matholibul Ulum Lebak Pakis Aji Jepara, dapat berjalan dengan baik dan lancer. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang tampak bersemangat dan antusias, siswa aktif, kolaboratif, dapat memecahkan masalah secara kolektif. (2) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Fiqih di MTs Matholibul Ulum Lebak Pakis Aji Jepara dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Kalau sebelumnya guru menggunakan metode ceramah dengan membuat bagan sederhana di papan tulis dan siswa hanya mendengarkan, setelah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, siswa mulai dapat aktif bertanya.. (3) Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pendekatan kooperatif kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Fiqih di MTs Matholibul Ulum Lebak Pakis Aji Jepara dapat dikategorikan dan dua kategori, yaitu faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat. Faktor yang menjadi pendukungnya diantaranya jalinan hubungan yang baik antar guru, kemampuan guru dalam mengentaskan materi pelajaran, guru yang mampu memotivasi siswa dan persiapan dan kesiapan guru sebelum pembelajaran. Sedangkan faktor yang menjadi penghambatnya antara lain latar belakang guru yang berbeda-beda, latar belakang siswa yang berbeda-beda, minimnya waktu yang disediakan, sarana-prasarana yang kurang, dan kurangnya penguasaan metode yang diterapkan didalam kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode TPS (Thunk Pair Share); Pembelajaran Kooperatif; Kreatifitas |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 01:24 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 01:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1723 |
Actions (login required)
View Item |