Suminten, Suminten (2017) MODEL PEMBELAJARAN PAI KEJAR PAKET C DI PKBM SE-KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
FILE 1 COVER.compressed.pdf Download (430kB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (172kB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (606kB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (234kB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (680kB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (27kB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
Abstract
Program Paket C di PKBM se-Kecamatan Bae adalah program paket C terbaik dan maju pesat, baik dari sarana dan prasarana maupun kualitas pendidikannya. Hal tersebut terbukti dari warga belajar dari salah satu PKBM yang memiliki program paket C yang meraih nilai PAI tertinggi se Kabupaten Kudus tahun 2014 yang diadakan tes mapel PAI oleh forum PKBM Kudus. Hal tersebut merupakan prestasi yang dibanggakan. Terlebih setiap tahunnya mampu meluluskan warga belajar 100%. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kejar paket C Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. (2) Menjelaskan implikasi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kejar paket C Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Penelitian ini adalah berjenis penelitian lapangan. Dengan lokasi di KPC Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis memakai analisa secara kualitatif dengan metode reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama: model pembelajaran PAI yang dilaksanakan di KPC se-Kecamatan Bae adalah model tutorial dan mandiri, dimana seluruh rangkaian penyajian materi ajar PAI yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan tutor serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar di KPC Se kecamatan Bae Kabupaten Kudus dengan menggunakan model tutorial dan mandiri. Fungsi model pembelajaran (tutorial dan mandiri) pada mata pelajaran PAI adalah sebagai pedoman bagi tutor dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa model (tutorial dan mandiri) yang akan digunakan dalam pembelajaran menentukan perangkat yang dipakai dalam pembelajaran tersebut. Kedua, implikasi model pembelajaran PAI yang dilaksanakan di KPC se-Kecamatan Bae adalah Sistem Belajar Terbuka (SBT) Sistem belajar terbuka merupakan proses belajar mandiri yang dirancang tanpa mengindahkan prasyarat umum dan akademik, seperti batasan usia, pendidikan sebelumnya, seperti layaknya belajar di kelas konvensional. SBT sebagaimana halnya belajar mandiri, tidak memiliki jadwal dan lokasi tertentu. Dan, Belajar Jarak Jauh (BJJ) Arti sebenarnya BJJ adalah warga belajar dan tutor terpisah oleh jarak, sehingga perlu ada upaya tertentu untuk mengatasinya. Oleh karena itu dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu proses pembelajaran di kejar Paket C se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kejar Paket C; Tutorial; Mandiri |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Produksi dan Industri |
Divisions: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah (ES) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 06:50 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 06:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1743 |
Actions (login required)
View Item |