ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGUATAN DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Hasanah, Niswatun (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGUATAN DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.compressed.pdf

Download (116kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.compressed.pdf

Download (83kB)
[img] Text
4. BAB I.compressed.pdf

Download (186kB)
[img] Text
5. BAB II.compressed.pdf

Download (378kB)
[img] Text
6. BAB III.compressed.pdf

Download (139kB)
[img] Text
7. BAB IV.compressed.pdf

Download (381kB)
[img] Text
8. BAB V.compressed.pdf

Download (114kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.compressed.pdf

Download (116kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran penguatan dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati, 2) kendala dalam pembelajaran penguatan dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati, 3) solusi untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran penguatan dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif, kemudian data yang telah terkumpul melalui observasi lapangan yakni dengan mengamati siswa dan wawancara dengan sumber data (data primer) yaitu kepala madrasah, guru pengampu mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan siswa serta data sekunder yakni karyawan sekolah dan dokumentasi administrasi akan dianalisa dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran penguatan dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati”. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah 1) pelaksanaan pembelajaran penguatan dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati, 2) kendala dalam pembelajaran penguatan dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati, 3) solusi untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran penguatan dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran penguatan dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an di MTs Raudlatul Ulum sudah dapat dikatakn terarah dan menuju langkah yang lebih baik dengan menggunakan penguatan verbal berupa kata-kata pujian dan penguatan non verbal dilakukan guru dengan pendekatan kepada siswa dan sentuhan. 2) Kendala yang datangnya dari madrasah pada pembelajaran penguatan dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Raudlatul Ulum yaitu materi, metode, alat peraga/media pembelajaran, evaluasi dan alokasi waktu. Sedangakan, kendala yang datangnya dari siswa yaitu materi, metode, media, alokasi waktu, kuantitas siswa, malas, dan mengantuk. Selain itu, juga ada faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor pembawaan (perbedaan kecerdasan intelektual siswa), keturunan/keluarga, dan pergaulan/lingkungan. 3) Solusi untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran penguatan dalam meningkatkan kefasihan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Raudlatul Ulum yaitu guru harus lebih aktif bergerak mengelilingi kelas, mendekati siswa satu per satu, lebih kreatif menyediakan alat pembelajaran yang bervariasi, menyediakan media pembelajaran yang variatif, pembentukan kelompok belajar, pemberian penguatan positif secara terus menerus kepada siswa, menciptakan kelas yang kondusif, memanfaatkan waktu pembelajaran sebaik mungkin, evaluasi dilakukan setiap pertemuan dengan cara tanya jawab atau pemberian tugas, menguasai ilmu tajwid beserta makharijul hurufnya, memahami bahasa Arab, menerapkan bimbingan membaca Al-Qur’an atau Peningkatan Penguasaan Al-Qur’an (PPAQ) yang diampu oleh guru/ustadz/ustadzah kompeten dalam bidangnya, dan siswa diharapkan selalu membaca Al-Qur’an terus saat ada waktu luang dan belajar tajwid agar tambah tahu makhrojnya dan mengenal hukum-hukum bacaan tajwid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Penguatan dalam Meningkatkan Kefasihan Siswa Membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Oct 2017 07:42
Last Modified: 04 Oct 2017 07:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item View Item