MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI TERINTEGRASI PADA PENDIDIKAN KARAKTER, LINGKUNGAN DAN SOFT SKILLS UNTUK SISWA SMK. ( STUDI ANALISIS SMK DI KECAMATAN MAYONG, PECANGAAN DAN KEDUNG-KABUPATEN JEPARA )

Pranoto, Trisno (2017) MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI TERINTEGRASI PADA PENDIDIKAN KARAKTER, LINGKUNGAN DAN SOFT SKILLS UNTUK SISWA SMK. ( STUDI ANALISIS SMK DI KECAMATAN MAYONG, PECANGAAN DAN KEDUNG-KABUPATEN JEPARA ). Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
cover.pdf

Download (541kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam rangka membangun kecerdasan sekaligus kepribadian anak manusia menjadi lebih baik, Salah satu upaya perbaikan kualitas pendidikan adalah melalui pendidikan karakter dan lingkungan. Pendidikan karakter dan pendidikan lingkungan sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, tawuran, kebiasaan menyontek, narkoba, pornografi, dan perusakan alam. Di samping itu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempersiapkan siswanya menjadi tenaga terampil yang siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri. Dunia usaha dan dunia industri membutuhkan tenaga kerja yang tidak hanya mempunyai kemampuan akademik yang baik ,tetapi juga memiliki kemampuan hard skills dan soft skills yang baik pula. Upaya mempersiapkan siswa yang mempunyai karakter dan kepedulian lingkungan seharusnya dilaksanakan pada semua pelajaran termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menghasilkan bahan ajar PAI yang mengintegrasikan materi PAI dengan pendidikan karakter, lingkungan dan soft skills. Bahan Ajar PAI Terintegrasi Pendidikan karakter, Lingkungan dan Soft skills yang dikembangkan layak. Hasil validasi kelayakan oleh ahli modul sebesar 82.50% dan ahli materi sebesar 74%, serta tanggapan siswa mengenai daya tarik modul/bahan ajar sangat setuju dengan nilai sebesar 82.17%. Dari hasil implementasi penggunaan modul/bahan ajar PAI terintegrasi pendidikan karakter, lingkungan dan soft skills hasil belajar siswa meningkat sebesar 64.05% dari rata-rata awal sebesar 5.00 menjadi 83.67. Sedangkan pembelajaran tanpa menggunakan modul/bahan ajar PAI terintegrasi pendidikan karakter, lingkungan dan soft skills presentase peningkatannya sebesar 48.88% dari rata-rata awal 52.17 menjadi 77.67

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PAI; Terintegrasi Karakter; Lingkungan dan Soft Skills
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Oct 2017 03:42
Last Modified: 05 Oct 2017 03:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item View Item