Jannah, Mazraatul (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KUDUS. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (935kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (709kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (684kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (661kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (903kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (563kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (587kB) |
Abstract
Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan kerjasama antara satu dengan yang lain. Keterampilan dalam komunikasi di butuhkan dalam kerjasama sosial, hal tersebut yang diterapkan sesuai dengan pedoman kurikulum K-13 yang mengedepankan komunikasi dan kerjasama siwswa, maka MTs. N 1 Kudus menerapka pembelajaran kooperatif atau kerjasama antar siswa. Pembelajaran kooperatif sudah digunakan dalamsemua mata pelajaran di MTs . N 1 Kudus salah satunya pembelajaran fikih. Pembelajaran fikih merupakan pembelajaran yang lebih banyak memberikan praktek kepada anak. Dengan adanya pembelajaran kooperatif siswa dituntut harus berkerjasama bukan hanya di dalam pembelajaran, tetapi di luar pembelajaran, hal ini yang yang menjadi dasar dari sebuah pembelajaran kelompok yang membutuhkan kerjasama. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 1 Kudus, (2) implementasi pembelajaran kooperatif untuk meningkaatkan kemamapuan kerjasama siswa, (3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kooperatif di MTs Negeri 1 Kudus. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan mereduksi data yang telah diperoleh kemudian memberikan verivikasi dan penerikan kesimpulan. Pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fikih di MTs Negri 1 Kudus dilakukan berdasarkan penerapan RPP, dan pelaksanaannya sudah hampir sempurna. Implementasi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada tahap perncanaan guru melakukan pembuatan RPP, pelaksanaan pembelajaran dengan membuat kelompok diskusi dan memperesentasikan hasil diskusi. Pengontrolan yang dilakukan guru selama proses diskusi untuk mendapatkan penilaian keaktifan siswa. Faktor pendukung ialah dari input siswa yang berkualitas, faktor penghambat ialah kurang menguasainya pengelolaan kelas yang mengakibatkan siswa gaduh dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini ialah pada pelaksanaan K-13 yang di dalamnya terdapat unsur mengedepankan keaktifan siswa, MTs.N 1 Kudus memilih menggunakan pembelajaran kooperatif yang tujuannya sama dengan tujuan dari K-13 yang mengedepankan keaktifan siswa. Pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan MTs N 1 Kudus dengan penyusunan RPP sebagai rencana awal pembelajaran. Guru melakukan evaluasi siswa berdasarkan keaktifan siswa dan tugas dari ghur. Faktor pendukung pembelajaran kooperatif ialah diperoleh input siswa dan penghambatnya kurang seimbangnya antara lingkungan madrasah dan lingkungan rumah siswa yang kurang nyaman.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Mata Pelajaran Fikih; Kerjasama Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 07:25 |
Last Modified: | 05 Oct 2017 07:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1771 |
Actions (login required)
View Item |