Fitriyana, Dina (2017) PENGARUH PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU SALAFIYAH KENDUREN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1-. COVER.pdf Download (330kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (60kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (69kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (77kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (325kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (271kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (571kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengembangan materi pembelajaran, kesiapan belajar, dan kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak (2) untuk mengetahui pengaruh pengembangan materi pembelajaran terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak (3) untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak (4) untuk mengetahui pengaruh pengembangan materi pembelajaran dan kesiapan belajar secara simultan terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MA NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak yakni pada ruang lingkup kelas X. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 39 peserta didik, karena populasi kurang dari 100 maka semuanya diambil untuk dijadikan responden. Penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana, regresi dan korelasi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan materi pembelajaran dan kesiapan belajar masing-masing dalam kategori baik yaitu sebesar 79,39 dan 70,08 serta kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih dalam kategori sangat baik, yaitu sebesar 33,26. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengembangan materi pembelajaran dengan kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dengan model Ŷ = 21,353 + 0,150 X1, hubungan keduanya positif dan signifikan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapanan belajar dengan kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqh, dengan model Ŷ = 21,040 + 0,175X2, hubungan keduanya positif dan signifikan 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengembangan materi pembelajaran dan kesiapan belajar secara simultan terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqh, dengan model Ŷ = 5,246 + 0,172 X1 + 0,205X2, dan hubungan pengembangan materi pembelajaran dan kesiapan belajar secara simultan dengan kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih adalah positif & signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan materi pembelajaran; kesiapan belajar; kemampuan psikomotorik |
Subjects: | Fiqih > Fiqih dan berbagai faham/mazhab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 06:57 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 06:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1812 |
Actions (login required)
View Item |