MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN RAUDLOTUL ATHFAL (RA) AL-FALAH DESA TANJUNGREJO KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS

A’la, Mafatikhul (2017) MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN RAUDLOTUL ATHFAL (RA) AL-FALAH DESA TANJUNGREJO KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
File 1. cover, nota persetujuan, pengesahan, pernyataan, motto, persembahan, kata pengantar.compressed.pdf

Download (274kB)
[img] Text
File 2. Abstrak.pdf

Download (79kB)
[img] Text
File 3. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (71kB)
[img] Text
File 4. BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
File 5. BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
File 6. BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
File 7. BAB IV.pdf

Download (377kB)
[img] Text
File 8. BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
File 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)

Abstract

Lembaga pendidikan Islam khususnya Raudlotul Athfal yang merupakan lembaga pendidikan formal dibawah naungan Kementrian Agama dalam proses kegiatan belajar mengajar dibutuhkan pengelolaan yang baik dan tepat dalam wadah manajemen sebagai landasan untuk menghasilkan lembaga yang bermutu dan berdaya saing di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Manjemen lembaga pendidikan RA Al-Falah desa Tanjungrejo kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, 2) faktor pendukung dan penghambat serta solusi darihambatan yang ada pada manajemen lembaga pendidikan. Penelitian yang dilaksanakan di RA Al-Falah desa Tanjungrejo kecamatan Jekulo kabupaten Kudus pada tahun 2017 ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif yaitu penelitian yang berupa kata-kata. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber data yaitu data primer (yayasan, kepala sekolah, pendidik, wali murid) dan data sekunder (data yang mendukung baik berupa file madrasah, buku, maupun informasi lain yang relevan dengan penelitian ini). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen lembaga pendidikan RA Al-Falah secara umum sudah cukup baik dan teratur dalam setiap komponennya yang mengacu pada Peraturan Kementrian Pendidikan Nasional tentang Standar Minimum Layanan PAUD yang teridiri dari manajemen kurikulum, anak didik, SDM, sarana dan prasarana, keuangan, dan hubungan masyarakat. Perencanaan, pelaksanaan, dan pengorganisasian manajemen yang dilakukan secara kompak oleh semua pendidik serta dimilikinya program pembelajaran Al-Qur’an unggulan dengan one day one ayat dan hubungan masyarakat yang sangat baik mampu menutupi samua hambatan yang dimilkinya termasuk kurangnya sarana dan prasarana berupa gedung yang masih menyatu dengan MI Al-Falah serta minimnya input dana operasional yang hanya mengandalkan iuran syahriah setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Lembaga Pendidikan; Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Oct 2017 07:15
Last Modified: 09 Oct 2017 07:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item