PENGARUH PROFESIONALISME GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI MA NU BANAT KUDUS

MUNA, KHOZAINATUL (2017) PENGARUH PROFESIONALISME GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI MA NU BANAT KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (374kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (313kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (285kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana profesionalisme seorang guru bimbingan konseling, (2) untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas X, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh profesionalisme guru bimbingan konseling terhadap kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas X di MA NU Banat Kudus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional. Sumber data diperoleh dari angket yang di isi peserta didik kelas X MA NU Banat Kudus. Populasi penelitian sebanyak 368 sedangkan sampel yang diambil sebanyak 92 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara metode angket, interview, observasi dan dokumentasi. Hasil data angket yang diperoleh diolah dan dihitung dengan menggunakan SPSS 16.0 kemudian analisis data penelitian menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profesionalisme guru bimbingan konseling diperoleh nilai rata-rata 108,30 berada dalam kisaran interval 92 s/d 109 dengan kategori cukup baik, (2) kemampuan penyesuaian diri peserta didik diperoleh nilai rata-rata 118,82 berada dalam kisaran interval 112 s/d 122 dengan kategori cukup baik, (3) analisis kolerasi product moment diperoleh nilai sebesar 0,488 lebih besar dari rtabel tingkat signifikan 5% N = 92 sebesar 0,207. Maka disimpulkan bahwa profesionalisme guru Bimbingan Konseling dengan tingkat kemampuan penyesuaian diri peserta didik mempunyai hubungan yang cukup kuat, karena masuk dalam interval korelasi (0,400 s/d 0,599), Kemudian dari hasil analisis uji regresi diperoleh persamaan regresi Y = 81,147 + 0,348X. Persamaan tersebut sesuai dengan rumus regresi linier sederhana yaitu Y = a + bX, dimana Y merupakan lambang dari variabel terikat, a konstanta, b koefisien regresi untuk variabel bebas (X). Sehingga dapat disimpulkan dari hasil uji regresi, terdapat pengaruh antara variabel Y terhadap variabel X yang berarti bahwa Ha diterima. Saran yang dapat diberikan hendaknya guru BK dapat meningkatkan program bimbingan konseling dengan sebaik mungkin, memberikan layanan dengan porsi seimbang agar pengembangan kemampuan penyesuaian diri bertambah positif dan semoga bisa semakin bersemangat dalam memberikan bimbingan kepada peserta didik. Di samping itu peserta didik hendaknya tidak segan-segan untuk mengkonsultasikan masalah yang dihadapinya kepada konselor sekolah dengan cara mengikuti bimbingan atau konsultasi dengan baik demi keberhasilan dalam menyesuaikan diri di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru BK; Kemampuan Penyesuaian Diri
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Oct 2017 02:38
Last Modified: 12 Oct 2017 02:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item View Item