Fu’ad, Nur (2017) PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (316kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (81kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (270kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (109kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (274kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (63kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata Penerapan Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Penerapan Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon; 2) Mengetahui Kendala-kendala dalam Penerapan Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon; 3) Mengetahui Solusi dalam Kendala Penerapan Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka Kurikulum, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas III. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, Penerapan Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus dilaksanakan dengan guru bahasa Indonesia membuat RPP, agar dalam proses pembelajaran menjadi lebih terarah dan mencapai tujuan pembelajaran. Guru menyiapkan media yang dibutuhkan, agar ketika pembelajaran semuanya sudah siap untuk dilaksanakan. Pada pelaksanaannya guru bahasa Indonesia terlebih dahulu memberikan materi pelajaran di kelas, kemudian guru membagikan kartu kepada peserta didik untuk disortir dengan kartu yang cocok. Kemudian peserta didik diminta membuat kelompok untuk berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas. Kemudian guru melakukan evaluasi pembelajaran. Kedua, Kendala-kendala dalam Penerapan Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon antara lain: a) Pengkondisian kelas; b) Gangguan konsentrasi; c) Alokasi waktu; d) Belum ada guru pendamping. Ketiga, Solusi dalam mengatasi kendala-kendala Penerapan Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon antara lain: a) Peserta didik dibentuk kelompok; b) Memilih obyek pembelajaran yang sesuai dan pemberian tugas; c) membuat RPP; d) kerja kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Card Sort; Motivasi Belajar; Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 02:56 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 02:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1887 |
Actions (login required)
View Item |