Arifin, Muhammad (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS-HEURISTIK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS. NABA’UL ULUM WONOREJO TLOGOWUNGU PATI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
File 1. Cover pdf..pdf Download (3MB) |
|
Text
File 2. Abstrak pdf..pdf Download (2MB) |
|
Text
File 3. Daftar isi pdf..pdf Download (2MB) |
|
Text
File 4. Bab I pdf..pdf Download (2MB) |
|
Text
File 5. Bab II pdf..pdf Download (2MB) |
|
Text
File 6. Bab III pdf..pdf Download (2MB) |
|
Text
File 7. Bab IV pdf..pdf Download (2MB) |
|
Text
File 8. Bab V pdf..pdf Download (2MB) |
|
Text
File 9. Daftar Pustaka pdf..pdf Download (2MB) |
Abstract
Mata pelajaran Aqidah Akhlak sebagai salah satu mata pelajaran yang dilakukan untuk menumbuhkan pribadi yang bijaksana bagi peserta didik. Penerapan Model Pembelajaran (LAPS-Heuristik) mampu memberi perubahan belajar siswa, kemudian siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dalam penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Naba’ul Ulum Wonorejo Tlogowungu Pati tahun ajaran 2016/2017. 2) Implementasi model pembelajaran (LAPS-Heuristik) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran AqidahAkhlak di MTs. Naba’ul Ulum Wonorejo Tlogowungu Pati tahun ajaran 2016/2017. 3) Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan model pembelajaran (LAPS-Heuristik) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Naba’ul Ulum Wonorejo Tlogowungu Pati tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Naba’ul Ulum Wonorejo Tlogowungu Pati tahun ajaran 2016/2017 berdasarkan hasil penelitian adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan melalui lintas disiplin ilmu, pembelajaran yang bermakna, dan pembelajaran melibatkan komunitas dimana individu berada sehingga peserta didik semangat dalam belajar. 2) Implementasi model pembelajaran (LAPS-Heuristik) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Naba’ul Ulum Wonorejo Tlogowungu Pati tahun ajaran 2016/2017 berdasarkan hasil penelitian adalah efektif. Hal ini dapat dibuktikan saat guru menggunakan model pembelajaran (LAPS-Heuristik) siswa mampu berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan pada pelajaran Aqidah Akhlak, semanagt diskusi pada saat tugas kelompok, hasil presentasi yang memuaskan sehingga mendapatkan nilai yang maksimal 3) Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan model pembelajaran (LAPS-Heuristik) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Naba’ul Ulum Wonorejo Tlogowungu Pati tahun ajaran 2016/2017 hal ini terbagi menjaadi dua yaitu: Faktor internal dan eksternal dari guru maupun siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik); Bepikir Kritis Siswa; Mata Pelajaran AqidahAkhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Dec 2016 03:11 |
Last Modified: | 04 Dec 2016 03:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/189 |
Actions (login required)
View Item |