ANALISIS PERSAINGAN BISNIS PEDAGANG PASAR DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS DI PASAR JUWANA BARU PASCA KEBAKARAN)

Khurriyatuzzahroh, Sri (2016) ANALISIS PERSAINGAN BISNIS PEDAGANG PASAR DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS DI PASAR JUWANA BARU PASCA KEBAKARAN). Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Selama ini banyak orang memahami bisnis adalah bisnis, yang tujuan utamanya memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.Seorang pengusaha dalam pandangan etika Islam bukan sekedar mencari keuntungan, melainkan juga keberkahan yaitu dengan memperoleh keuntungan yang wajar dan diridhai oleh Allah SWT.Pasar mendapatkan kedudukan yang penting dalam perekonomian Islam. Rasulullah sangat menghargai harga yang dibentuk oleh pasar sebagai harga yang adil. Oleh karena itu, Islam menekankan adanya moralitas seperti persaingan yang sehat, kejujuran, keterbukaan, dan keadilan. Implementasi nilai-nilai tersebut merupakan tanggung jawab bagi setiap pelaku pasar. Namun, banyak pula orang yang tidak ingin melaksanakan etika ini secara murni. Mereka masih berusaha melanggar etika bisnis Islam. Mereka kurang memahami etika bisnis, atau mungkin saja mereka paham tapi memang tidak mau melaksanakan. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih Pasar Juwana Baru sebagai obyek penelitian. Alasanya adalah Pasar Juwana Baru tersebut tergolong pasar besar di daerah Juwana yang rentan akan penyimpangan-penyimpangan, seperti penipuan, membanting atau merusak harga pasar dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kondisi persaingan bisnis yang terjadi antar pedagang di Pasar Juwana Baru pasca kebakaran.2) Untuk mengetahui persaingan bisnis para pedagang ditinjau dari etika bisnis islam di Pasar Juwana Baru pasca kebakaran.Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data informasi secara langsung. Sumber data yakni primer dan sekunder,serta metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwakondisi persaingan usaha di Pasar Juwana Baru pasca kebakaran yaitu persaingan dari segi produk dan harga, sebagian pedagang bersaing secara tidak sehat. Ada sebagian pedagang memberikan kualitas tidak bagus terhadap barangnya dansaling menjatuhkan pesaingnya dengan cara membanting harga. Namun, persaingan dari segi pelayanan, para pedagang bersaing secara sehat dengan memberikan pelayanan yang prima, seperti bersikap ramah, sopan, dan bertutur kata yang baik kepada pembeli. Selain itu, sebagian pedagang sudah menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam etika bisnis Islam, namun ada juga yang belum menerapkan etika bisnis Islam dalam kegiatan usahanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persaingan bisnis; etika bisnis islam
Subjects: Sosial > Interaksi Sosial
Sosial > Perdagangan, Komunikasi dan Transportasi > Perdagangan
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 03:29
Last Modified: 04 Dec 2016 03:29
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item