PENERAPAN METODE GO A ROUND DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA DARUL HIKMAH MENGANTI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Najib, Ainun (2016) PENERAPAN METODE GO A ROUND DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA DARUL HIKMAH MENGANTI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 cover.pdf

Download (823kB)
[img] Text
02 abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03 daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04 bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05 bab II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
06 bab III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (515kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA 2.pdf

Download (385kB)

Abstract

Metode go a round merupakan metode pembelajaran yang dapat memberi peluang siswa untuk terlibat dalam diskusi, berpikir kritis, berani dan mau mengambil tanggung jawab untuk pembelajaran mereka sendiri. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan permasalahan (1) Bagaimana penerapan metode go a round dalam meningkatkan kecakapan sosial siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Darul Hikmah di Desa Menganti Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode go a round dalam meningkatkan kecakapan sosial siswa di MA Darul Hikmah di Desa Menganti Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA Darul Hikmah di Desa Menganti Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang kemudian menjadikan peserta didik, guru, waka kurikulum dan kepala sekolah Madrasah Aliyah sebagai sumber data primer dan berupa data dari komputer, bahan bacaan, perpustakaan sebagai data sekunder untuk mendapatkan data tentang potret metode yang dilakukan pendidik dalam membentuk kecakapan sosial siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak. Datanya diperoleh dengan cara wawancara berstruktur, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data di analisis dengan pendekatan analisis deskriptif. Penerapan metode go a round dalam meningkatkan kecakapan sosial siswa di MA Darul Hikmah di desa Menganti Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2015/2016 tersusun dan terencana dalam penerapannya di kelas dan telah mendapatkan persetujuan dari pihak sekolah. Dan dalam penerapan metode go a round di dalam kelas, dari guru membuat kelompok secara acak yang terdiri dari 5-6 siswa perkelompok, agar siswa saling berkomunikasi, bekerjasama dan saling bertanggungjawab dengan tugas yang diberikan oleh guru dan mendapatkan hasil yang maksimal. Setiap kelompok tersebut diberikan tema untuk nantinya dipresentasikan perkelompok satu persatu sesuai dengan arah jarum jam. Dalam penerapan metode go a round dalam meningkatkan kecakapan sosial siswa di MA Darul Hikmah ini terdapat Faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dari metode go a round yaitu faktor guru yang mampu koordinir siswa, faktor sebagian besar peserta didik yang cerdas dan tanggap dalam pelajaran, faktor sekolah yang memberi bantuan alat berupa gambar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor kurang persiapan dalam melaksanakan pembelajaran, faktor beberapa siswa yang terkadang merasa malu, dan takut dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menyebabkan kurang optimalnya pembelajaran, dan beberapa siswa yang gaduh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Go A Round; Kecakapan Sosial; Aqidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 04:32
Last Modified: 04 Dec 2016 04:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item