MUNIR, MOHAMMAD MISBACHUL (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE TERHUBUNG (CONNECTED) PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIS KELAS XI IPA I DI MA ABADIYAH GABUS PATI. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (722kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (269kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (863kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (227kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (411kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (202kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain model pembelajaran terpadu tipe terhubung (connected) pada mata pelajaran Alquran Hadis Kelas XI IPA I di Madrasah Aliyah Abadiyah Gabus Pati. Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran terpadu tipe terhubung (connected) pada mata pelajaran Alquran Hadis Kelas XI IPA I di Madrasah Aliyah Abadiyah Gabus Pati. Untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran terpadu tipe terhubung (connected) pada mata pelajaran Alquran Hadis Kelas XI IPA I di Madrasah Aliyah Abadiyah Gabus Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data sekunder dan sumber data primer. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aspek desain model pembelajaran terpadu tipe terhubung (connected) pada mata pelajaran Alquran Hadis Kelas XI IPA I di MA Abadiyah Gabus Pati meliputi media, metode dan alat bantu. Media yang digunakan adalah proyektor, PPT dan kartu bergambar. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan tanya jawab. Alat bantu yang digunakan adalah buku paket, materi guru dan kitab klasik. Implementasi model pembelajaran terpadu tipe terhubung (connected) pada mata pelajaran Alquran Hadis kelas XI IPA I di MA Abadiyah Gabus Pati melalui beberapa tahap yakni prinsip penggalian tema yaitu tema fungsi Alquran dalam kehidupan. Pembelajaran terpadu yang berarti pembelajaran yang diawali dengan suatu pokok bahasan atau tema tertentu yang dikaitkan dengan pokok pembahasan lain, kemudian dikaitkan dengan konsep lain. Hal tersebut dapat dilakukan secara spontan atau direncanakan, guna untuk menciptakan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pelaksanaan model pembelajaran terpadu tipe terhubung pada mata pelajaran Alquran Hadis di MA Abadiyah Gabus Pati berjalan dengan efektif terbukti dengan tercapainya tujuan pembelajaran sehingga mampu mencapai hasil pembelajaran yaitu rata-rata nilai kelas sebesar 90,56 di atas nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) sebesar 71. Dengan pelaksanaan metode pembelajaran terpadu tipe terhubung pada mata pelajaran Alquran Hadis di MA Abadiyah Gabus Pati tujuan pembelajaran yaitu peserta didik dapat memahami, melafalkan dengan baik dan benar ayat-ayat Alquran tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah Al-Isra’ (17) :23–24; Surah Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Terpadu; Tipe Terhubung (Connected); Alquran Hadis. |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan Hadits dan Ilmu yang berkaitan Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Mar 2019 02:19 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2141 |
Actions (login required)
View Item |