Rahmawati, Nuzulia (2018) STUDI ANALISIS PROGRAM MENTORING DALAM PEMBENTUKAN AKHLAQUL KARIMAH KELAS IX DI SMP IT AL-ISLAM KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (505kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (269kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (594kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (295kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan progam mentoring di SMP IT Al-Islam Kudus (2) Untuk mengetahui pembentukan akhlakul karimah siswa di SMP IT Al-Islam Kudus (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi saat pelaksanaan progam mentoring dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SMP IT Al Islam Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana subyek penelitian adalah kepala sekolah, pementor, coordinator mentoring, beberapa peserta didik. Metode yang penulis gunakan dalam pengumpulan data pada penulisan skripsi ini adalah dengan observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi yang akan menggambarkan bagaimana studi analisis program mentoring terhadap pembentukan akhlaqul karimah kelas IX di SMP Islam Terpadu Al-Islam Kudus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pertama Mentoring adalah lingkaran yang terdiri dari beberapa orang dalam suatu proses tarbiyah dan berjalan secara kesinambungan. Dari model-model mentoring yang sudah dipaparkan di depan program mentoring di SMP IT masuk kedalam model mentoring kelompok, karena di dalamnya terdapat action learning dan komunitas praktik. Dengan kelompok tersebut sangat efektif dalam mencapai tujuannya. Mentoring merupakan kebutuhan rohani dan jasmani yang di dalammnya terdapat pembinaan karakter dan pembiasaan sikap islami dalam kesehariannya, kedua Pembinaan akhlaq peserta didik dilaksanakan dengan tahapan; pembinaan aqidah, pembinaan ibadah dan pembiasaan akhlak mulia. Dari ketiga ini harus dilakukan secara kontinyu, ketiga Secara sederhana berdasarkan penelitian yang telah peneliti laksanakan ada faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan mentoring, sebagai berikut : (1) Faktor penghambat: a.Waktu yang terbatas, mentoring di sekolah hanya dilaksanakan satu jam, b. Pola pikir orang tua yang masih sangat awam dengan islam. (2) Faktor pendukung dari terlaksananya program mentoring ini adalah: a. Mentoring merupakan program wajib, b. Fasilitas yang memadai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan akhlak; Mentoring; Peserta didik |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 06:21 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 03:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2174 |
Actions (login required)
View Item |