PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS VII DI MTS TARBIYATUL ISLAMIYAH JAKENAN PATI TAHUNAJARAN 2017/2018

Inayah, Nurul (2018) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS VII DI MTS TARBIYATUL ISLAMIYAH JAKENAN PATI TAHUNAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (497kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII di MTs.Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Pati Tahun Ajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data premier dengan jumlah populasi 75. Kemudian metode pengumpulan data dengan cara menyebar angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi uji validitas, realiabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier ganda, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil dari penelitian yaitu, (1)pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII MTs. Tarbiyatul Islamiyah dalam kategori cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata mean dari jawaban responden sebesar 26.92 adalah tergolong cukup baik karena termasuk dalam interval 22-26 dengan persamaan regresi Ῠ = 22.8 + 3.4 dengan koefisien korelasi nilai rata-rata rx1y sebesar 0.141 dan koefisien determinasi r2x1y sebesar 19881. (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII MTs. Tarbiyatul Islamiyah dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata mean dari jawaban respon den sebesar 28.93 adalah tergolong baik karena termasuk dalam interval 28-32 dengan persamaan regresi Ῠ = 18.125 + 3.4 dengan koefisien korelasi nilai rata-rata rx2y sebesar 0.284067676 dan koefisien determinasi r2x2y sebesar 80656. Dengan demikian mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII di MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Pati tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Lingkungan Sekolah; Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:34
Last Modified: 22 Mar 2019 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2183

Actions (login required)

View Item View Item