MUNAWIR, MUHAMMAD (2018) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ALQÃBISY DALAM KITAB “AL-RISÃLAH AL-MUFASSILAH LI AHWÃL ALMUTA’ALLIMIN WA AHKÃM AL-MU’ALLIMIN WA ALMUTA’ALLIMIN”. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
FILE 1 HALAMAN JUDUL DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (918kB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (474kB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (470kB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (442kB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (429kB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (392kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskripstif dan pemikiran tokoh, melalui kajian pustaka dengan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu dengan mencari data-data dari berbagai buku-buku referensi yang membahas mengensi pendidikan Islam dan pemikiran al-Qābisy dalam kitab ar-Risalah al-Mufashshilah li Ahwal al-Muta’allimin wa Ahkam al-Mu’allimin wa al-Muta’allimin”. Tujuan dari penelitian ini adalah untyk menjelaskan dan mengidentifikasi mengenai seorang tokoh cendekiawan muslim bernama al-Qābisy tentang konsep pendidikan Islam dalam kitabnya ar-Risalah al-Mufashshilah li Ahwal al-Muta’allimin wa Ahkam al-Mu’allimin wa al-Muta’allimin” Pada hasil penelitian yang dapat diperoleh oleh penulis, terdapat beberapa konsep pendidikan Islam menurut al-Qābisy, dari konsep-konsep tersebut dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : a.Konsep Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter, b.Proses Transfer Materi Pelajaran meliputi ; 1) Tujuan pembelajaran, 2) Materi Pelajaran : Ijbari dan Ikhtiyāri 3) Alokasi Waktu : pagi, siang dan sore. 4) Metode Pembelajaran : menghafal, melakukan latihan dan demonstrasi. 5) Media Pembelajaran adalah papan tulis, kain penghapus, alat tulis dan tintanya. 6) Pelaksanaan Pembelajaran pentingnya memiliki sifat lemah lembut dan kasih sayang terhadap anak. c.Proses Pembentukan Karakter ; 1) Nilai-nilai karakter dan berperilaku baik 2) Demonstrasi 3) Metodologi yang paling tepat ; 4) Hukuman (Punishment), d.Evaluasi yaitu dengan ketuntasan menghafal materi pelajaran, ketuntasan penguasaan menulis dengan baik dan benar sesuai huruf dan i’rabnya dan ujian akhir (khataman). Relevansi Konsep Pendidikan Islam Menurut Al-Qābisy dengan Pendidikan Islam Moderen di Indonesia, a. Persamaan meliputi : 1) Pengertian Pembelajaran, 2) Tujuan Pembelajaran, b. Perbedaan meliputi : 1) Materi pembelajaran, 2) Alokasi Waktu Pembelajaran, 3) Metode Pembelajaran, 4) Media Pembelajaran, 5) Pelaksanaan pembelajaran, 6) Proses Pembentukan Karakter, dan 7) Evaluasi Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan Islam; Pemikiran Tokoh Terhadap Pendidikan Islam |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:07 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2194 |
Actions (login required)
View Item |