STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK ASSA’IDIYAH KIRIG MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018

HANDAYANI, SRI (2018) STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK ASSA’IDIYAH KIRIG MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (238kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI .pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. BAB I .pdf

Download (512kB)
[img] Text
5. BAB 2 .pdf

Download (467kB)
[img] Text
6. BAB 3 .pdf

Download (253kB)
[img] Text
7. bab 4 .pdf

Download (414kB)
[img] Text
8.BAB V .pdf

Download (188kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata strategi guru PAI daam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. Tuuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi guru PAI daam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah, Kirig, Mejobo, Kudus (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI daam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah, Kirig, Mejobo, Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) disini penulis mengumpulkan data dari lapangan untuk berbagai masalah yang ada relevansinya dengan penelitian ini. Peneliti menggunakan metode deskriptif. Dalam hal ini peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian, yaitu di SMK Assa’idiyah Kirig mejobo Kudus guna memperoleh data yang akurat dan jelas. Peneliti meneliti strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak peserta didik. Dalam hal ini pusat penelitian yaitu guru PAI yang mengampu kelas X A TKJ dan XII PS. Kedua guru PAI tersebut yaitu bapak Ali Shodiqin dan Ibu Hanifah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1)Strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah dilatar belakangi perilaku peserta didik yang kurang baik dalam segi akhlak, dan penerapan visi, misi, dan tujuan sekolah pada poin santun dan peduli lingkungan. Metode – metode yang digunakan yaitu sebagai berikut: Keteladanan, latihan dan pembiasaan, mengambil pelajaran, nasehat, janji dan ancaman (Targhib Wa Tarhib). 2)Faktor pendukung strategi pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah, yaitu Adanya kegiatan sekolah berbasis keagamaan seperti muhasabah, sholat dluha berjamaah, sholat dzuhur berjama’ah, serta pembacaan Rotibul Hadad sebelum pelaksanaan ujian, adanya peraturan sekolah yang mendukung pembinaan akhlak seperti: peraturan tentang penggunaan seragam sekolah dan aksesoris yang diperbolehkan dan yang tidak, peraturan berangkat tepat waktu, peraturan tidak memainkan hp saat pembelajaran sedang berlangsung tanpa seizing guru, peraturan dilarang berpacaran dan perintah berlaku sopan. , adanya kerjasama antara guru PAI, guru BK, dan wali peserta didik, adanya ekstrakurikuler keagamaan (BTA dan rebana) serta ekstrakurikuler kepanduan (pramuka) yang mendukung perubahan akhlak peserta didik menjadi lebih baik lagi..Sedangkan faktor penghambat strategi pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah yaitu:Kurangnya kesadaran dari diri peserta didik, contohnya peserta didik yang masih mengenakan hp selama proses pembelajaran, kurangnya pemantauan orang tua, padahal dalam hal ini peran orang tua sangat penting, dan lingkungan tempat tinggal peserta didik yang kurang mendukung, karena di daerah mejobo banyak anak yang putus sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembinaan Akhlak; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:16
Last Modified: 26 Mar 2019 03:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item View Item