Sani, Moh Asror Hilmi (2018) Strategi Pembelajaran Tematik Dalam meningkatkan Pengetahuan Anak Tunarungu Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Sunan Prawoto Pati tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (467kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (317kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (338kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (203kB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan strategi pembelajaran tematik dan mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan anak tunarungu dalam pelajaran Pendidikan Agama islam di SLB Sunan Prawoto Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naturalistic, dengan pendekatan deskriptif melalui riset lapangan di SLB Sunan Prawoto Pati. Subjek penelitian ini yaitu Pembina SLB, Kepala Madrasah, Guru Bk, Guru PAI, dan wali murid dari peserta didik SLB Sunan Prawoto Pati. Instrumen atau alat dalam penelitian ini adalah penelitian itu sendiri. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini, menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependabilit, dan uji confirmibility. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan pengumpulan data, data reduction, data display, conclusion drawing/verivication, penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran tematik, sebagai langkah praktis dalam proses pembelajaran PAI dan sebagai salah satu strategi pilihan yang di gunakan dalam proses pendidikan anak dalam mata pelajaran agama islam dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan anak tunarungu. (2) beberapa model, metode media dan sumber belajar di gunakan guru untuk menyampaikan pembelajaran. (3) faktor dalam pembelajaran tematik yaitu: pertama faktor pendukung meliputi guru, dan keluarga. faktor penghambat meliputi lingkungan, sarana prasarana, peserta didik. (4) hasil dan evaluasi Strategi pembelajaran tematik dapat dilihat melalui tingkah laku keseharian peserta didik, laporan dengan orang tua, dan ulangan harian, semesteran maumpun akhir semesteran dengan evaluasi konsultasi dengan psikoterapi, orang tua dan remidial bagi peserta didik yang tidak mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran tematik; anak tunarungu; pengetahuan. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 03:33 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 03:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2229 |
Actions (login required)
View Item |