STUDI KOMPARASI METODE SCRAMBLE DAN METODE WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI NU MASLAKUL HUDA JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Faizah, Sihhatul (2016) STUDI KOMPARASI METODE SCRAMBLE DAN METODE WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI NU MASLAKUL HUDA JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 Abstrak.pdf

Download (746kB)
[img] Text
03 daftar isi.pdf

Download (392kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (467kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (581kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (664kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
09 daftar pustka.pdf

Download (384kB)

Abstract

Keterampilan problem solving siswa harus ditingkatkan melalui pemilihan metode yang tepat agar seorang dilatih untuk menyelesaikan masalah dengan mengambil keputusan yang tepat. Sebab siswa menjadi mempunyai keterampilan untuk mengumpulkan informasi yang relevan, menganalisis informasi, dan menyadari betapa perlunya meneliti kembali hasil yang telah diperoleh Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana metode scramble dalam meningkatkan keterampilan problem solving peserta didik kelas IV pada mata pelajaran SKI (2) mengetahui bagaiman metode word square dalam meningkatkan keterampilan problem solving peserta didik kelas IV pada mata pelajaran SKI (3) mengetahui bagaimana perbedaan penggunaan metode scramble dan metode word square dalam meningkatkan keterampilan problem solving peserta didik kelas IV pada mata pelajaran SKI. Peneliti menggunakan jenis penelitian berdasarkan tempatnya adalah lapangan atau field research dan jenis penelitian berdasarkan fungsinya adalah komparatif, yang mana dilakukan berdasarkan data yang bersifat statistic untuk membandingkan dua fenomena atau lebih dengan meninjau persamaan dan perbedaan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan metode scramble dalam meningkatkan keterampilan problem solving siswa kelas IV di MI NU Maslakul Huda Jekulo Kudus tahun pelajaran 2016/2017 dalam kategori baik. Dan metode word square dalam meningkatkan keterampilan problem solving siswa kelas IV di MI NU Maslakul Huda Jekulo Kudus tahun pelajaran 2016/2017 dalam kategori baik. Selanjutnya kemudian dicari perbedaannya sehingga menghasilkan harga t hitung 0,40 dengan dk(n1 atau n2 -1) taraf kesalahan 5% maka t tabel = 2,093 (uji dua pihak) ternyata t hitung lebih kecil dari t tabel. Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Kesimpulannya tidak ada perbedaan penggunaan metode scramble dan metode word square dalam meningkatkan keterampilan problem solving siswa kelas IV pada mata pelajaran SKI di MI NU Maslakul Huda Jekulo tahun pelajaran 2016/2017. Hal tersebut sesuai dengan perhitungan yang menyatakan bahwa metode scramble berpengaruh terhadap keterampilan problem solving dengan besaran pengaruh yaitu 24% dan metode word square berpengaruh terhadap keterampilan problem solving dengan besaran pengaruh yaitu 22%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode scramble; word square; keterampilan problem solving
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 07:41
Last Modified: 04 Dec 2016 07:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item