PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA HASAN KAFRAWI PANCUR MAYONG JEPARA

ALIYAH, NAJAH AYU (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA HASAN KAFRAWI PANCUR MAYONG JEPARA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 HALAMAN JUDUL DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (676kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (526kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (722kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (385kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran Group to Group Exchange di MA Hasan Kafrawi. (2) Untuk mengetahui kecerdasan interpersonal peserta didik. (3) Untuk mengetahui seberapa besar strategi pembelajaran Group to Group Exchange mempengaruhi kecerdasan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MA Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan Pendekatan penelitian kuantitatif, sumber data primer dan skunder. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dengan menggunakan angket yang menjadi responden adalah peserta didik kelas XI sebanyak 55 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi pembelajaran Group to Group Exchange memiliki rata-rata sebesar 38,38 yang termasuk kedalam interval 34-41dengan kategori baik. (2) Kecerdasan interpersonal peserta didik memiliki rata-rata sebesar 45,13 yang termasuk kedalam interval 38-46 dengan kategori baik. (3) Strategi pembelajaran Group to Group Exchange berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik. Hal ini diketahui bahwa rhitung sebesar 0,454 > rtabel sebesar 0,266, menyumbang = 20,61% dan sisanya yaitu 79,39% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan persamaan regresi = Y = 22,637 + 0,586 X dan thitung = 3,709. Kemudian dibandingkan dengan ttabel dengan signifikansi 5% diperoleh sebesar 1,674 sehingga thitung lebih besar dari ttabel (3,709> 1,674 ). Karena thitung lebih besar dari ttabel berarti signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Group to Group Exchange; Kecerdasan Interpersonal
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2019 02:10
Last Modified: 28 Mar 2019 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item View Item