Ratnasari, Dwi (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN KELAS III DI SD MIFTAHUSSA’ADAH GONDOSARI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (281kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (442kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (237kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (432kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (226kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini membahas masalah tentang : (1) Apa strategi pembelajaran tahfidzul qur’an kelas III di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pembelajaran tahfidzul qur’an kelas III di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Bagaimana hasil prestasi hafalan dalam pembelajaran tahfidzul qur’an kelas III di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi terhadap data yang berhasil dikumpulkan serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) strategi pembelajaran tahfidzul Qur’an yang digunakan di kelas III SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus meliputi: pertama klasikal besar, yang meliputi materi penunjang atau bacaan doa-doa harian dan tadarus bersama. Kedua, individual, yang meliputi muraja’ah atau mengulang hafalan yang telah diperoleh, setoran hafalan baru dan istimror atau sambung ayat. Ketiga, klasikal kecil, yang meliputi baca sima’. (2) Faktor pendukung dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an kelas III di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus adalah faktor usia siswa, faktor kecerdasan siswa, faktor waktu menghafal, dan faktor lingkungan. Sedangkan Faktor penghambat dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an kelas III di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus adalah munculnya sifat malas untuk menghafal, kurangnya konsentrasi, masih suka bermain, fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya perhatian orang tua untuk mengdampingi saat muraja’ah dirumah. (3) Hasil prestasi hafalan kelas III di SD Miftahussa’adah cukup bagus, terlihat dari beberapa siswa yang sudah mampu menghafal sampai juz 9 dan juz 8.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi; pembelajaran; tahfidzul Qur’an |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Dec 2016 07:49 |
Last Modified: | 04 Dec 2016 07:49 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/229 |
Actions (login required)
View Item |