STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN KELAS III DI SD MIFTAHUSSA’ADAH GONDOSARI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARN 2016/2017

Ratnasari, Dwi (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN KELAS III DI SD MIFTAHUSSA’ADAH GONDOSARI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (432kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini membahas masalah tentang : (1) Apa strategi pembelajaran tahfidzul qur’an kelas III di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pembelajaran tahfidzul qur’an kelas III di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Bagaimana hasil prestasi hafalan dalam pembelajaran tahfidzul qur’an kelas III di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi terhadap data yang berhasil dikumpulkan serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) strategi pembelajaran tahfidzul Qur’an yang digunakan di kelas III SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus meliputi: pertama klasikal besar, yang meliputi materi penunjang atau bacaan doa-doa harian dan tadarus bersama. Kedua, individual, yang meliputi muraja’ah atau mengulang hafalan yang telah diperoleh, setoran hafalan baru dan istimror atau sambung ayat. Ketiga, klasikal kecil, yang meliputi baca sima’. (2) Faktor pendukung dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an kelas III di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus adalah faktor usia siswa, faktor kecerdasan siswa, faktor waktu menghafal, dan faktor lingkungan. Sedangkan Faktor penghambat dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an kelas III di SD Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus adalah munculnya sifat malas untuk menghafal, kurangnya konsentrasi, masih suka bermain, fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya perhatian orang tua untuk mengdampingi saat muraja’ah dirumah. (3) Hasil prestasi hafalan kelas III di SD Miftahussa’adah cukup bagus, terlihat dari beberapa siswa yang sudah mampu menghafal sampai juz 9 dan juz 8.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi; pembelajaran; tahfidzul Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 07:49
Last Modified: 04 Dec 2016 07:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item